JATIMJOMBANG

Curi Perhatian, Petani Cabai Jombang Sukses Tanam 28.000 Batang

Sulaiman Petani cabai merah warga Desa Ngrandulor Kecamatan Peterongan Jombang berhasil menanam sekitar 28.000 batang cabai merah jenis Elegance F1 (Foto: Dev)

JOMBANG, BIDIKNASIONAL.com – Sulaiman Petani cabai merah warga Desa Ngrandulor Kecamatan Peterongan Jombang sukses mencuri perhatian sejak setahun terakhir membudidayakan cabai merah.

Meski sering beberapa kali gagal, kini batang cabai dengan luas lahan sawah 1,5 Hektar itu berhasil ditanami sekitar 28.000 batang cabai merah jenis Elegance F1.

Sulaiman mengaku belajar budidaya cabai merah secara otodidak, bahkan tidak pernah memiliki latar belakang seorang petani.

“Jadi saya itu belajar otodidak mbak, karena bapak saya dulu petani padi, saya kira di Desa Ngrandulor sudah banyak petani padi kan ya, jadi saya ingin menanam beda dari pada yang lain. Lalu saya fikir juga cabai merah itu kan kalau menjelang hari raya atau puasa gitu harga cabai pasti mahal ya, dan soal perawatan juga tidak terlalu ribet sih,” ujarnya kepada awak media Bidik Nasional saat meninjau lokasi pada Sabtu 18 Maret 2023 pagi.

Sehari-harinya sulaiman dibantu oleh sang istri Emelda untuk memanen cabai. Dalam sekali panen, cabai yang dihasilkan bisa mencapai 1,5 kilogram setiap pohonnya, kemudian dijual mengikuti harga pasar pada hari itu.

“Hasil dari berkebun cabai ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup kami sehari-hari. Termasuk juga untuk perawatan pohon cabai,” ucapnya.

“Harapan besar kepada pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mencari solusi. Siklus harga cabai yang naik turun ini seharusnya bisa diputus dengan pendataan pertanaman hingga menghasilkan proyeksi produksi yang akurat oleh Kementan,” pungkasnya kembali.

Laporan: Dev

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button