JATIMJOMBANG

Dinas PUPR Jombang Normalisasi Kali Maling

● Tanggap Darurat Penanganan Tanggul Penahan Jalan Kali Maling

Dinas PUPR Jombang terus lakukan pembangunan infrastruktur daerah di tahun 2023 (Foto.dok: tok)

JOMBANG, BIDIKNASIONAL.com – Antisipasi bencana alam banjir dan longsor sudah sering terjadi, maka pada permasalahan yang terjadi, begitu juga di Kabupaten Jombang tetap dilakukan siaga. Bahkan juga banjir di Kabupaten Jombang ini merupakan genangan yang disebabkan oleh hujan lebat maupun pendangkalan sungai maupun saluran.

Kepala Dinas PUPR Bayu Pancoroadi menjelaskan, bahkan melalui Pelaksana tugas Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Jombang Sulton, menerangkannya, jika penyebab banjir dan longsor disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor hujan, rusaknya Daerah Aliran Sungai (DAS), kesalahan perencanaan pembangunan alur sungai, pendangkalan sungai dan tata wilayah yang kurang baik serta sarana dan prasarana kurang memadai” ujarnya .

Bahkan untuk mengantisipasi bahaya banjir dan longsor, menurut nya, yaitu harus menambah kapasitas tampungan pada sungai, memberikan alternatif seperti normalisasi sungai atau saluran. Saat ini sudah dilakukan oleh Dinas PUPR Pemkab Jombang, yang saat ini sudah melakukan normalisasi Kali Maling dan Desa Ngampungan, Kecamatan Bareng.

Maka menurutnya lagi, ” Diharapkan pada dilaksanakannya normalisasi sungai tersebut dapat meminimalisir risiko banjir dan longsor yang terjadi di kawasan tersebut,” ucapnya.

Menurut nya lagi, ” bila Kali Maling merupakan sungai yang banyak mengalami pendangkalan akibat penumpukan sedimentasi. Tidak hanya itu tetapi banyak sampah baik dari sampah rumah tangga maupun sampah dari pohon-pohon di sepanjang aliran Kali Maling.

Sedangkan Normalisasi dilakukan dengan menggunakan alat berat untuk mengangkat sedimen maupun sampah yang berada di tengah sungai yang dilaksanakan oleh Tim Sumber Daya Air (SDA) PUPR Kabupaten Jombang,” tambahnya.

Sedangkan pada Penanganan darurat tanggul penahan jalan di Kali Maling Desa Ngampungan, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang merupakan salah satu aksi siap tanggap dalam pencegahan bencana yang ada di Kabupaten Jombang.

Maka dari itu Dinas PUPR Jombang saat ini sudah melakukan penanganan darurat pemasangan bronjong di bawah tanggul penahan jalan yang berada di Kali Maling dengan panjang ±20 meter.

Menurutnya,” pemasangan bronjong bertujuan untuk melindungi tanggul penahan jalan dan mencegah gerusan yang disebabkan oleh aliran air di Kali Maling, Pemasangan bronjong di lakukan menggunakan bantuan alat berat (excavator) oleh tim dari Dinas PUPR,” ujarnya lagi.

Oleh karena itu adanya pemasangan bronjong, agar aliran air yang melewati Kali Maling tidak menggerus tanggul tanggul penahan jalan lagi.

Laporan: Tok

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button