BANYUWANGIJATIM

KSOP Kelas III Tanjung Wangi Gelar Deklarasi dan Sosialisasi NLE

Penandatanganan Pakta Integirtas oleh KSOP kelas III Tanjung Wangi, Bea Cukai Banyuwangi dan Staikholder terkait (Dok.foto: @dj)

BANYUWANGI, BIDIKNASIONAL.com – Pemerintah membuat terobosan untuk mengefisienkan biaya logistik dengan menata kembali sektor logistik, salah satunya melalui pembangunan National Logistics Ecosystem (NLE)/ Ekosistem Logistik Nasional. NLE merupakan sebuah platform digital layanan logistik dari hulu (kedatangan kapal) hingga hilir (warehouse/pabrik) dengan  memfasilitasi kolaborasi Kementerian/Lembaga, Perusahaan terkait, serta pelaku logistik.

Dengan adanya kolaborasi digital dalam satu platform yakni NLE, Pemerintah memastikan kelancaran pergerakan arus barang ekspor dan impor, maupun pergerakan arus barang domestik, baik antardaerah dalam satu pulau, maupun antarpulau. Penataan NLE diatur dalam Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional serta didukung dengan program Strategi Nasional pencegahan Korupsi (Stranas PK).

Sebagai informasi, KSOP Kelas III Tanjung Wangi menggelar deklarasi dan sosialisasi NLE pada 22 – 23 Juni 2023, bertempat di Aula Kawah Ijen Bea Cukai Banyuwangi.

Kepala KSOP kelas III Tanjung Wangi Syamsurizal SKom, MSc dan sebagai Koordinator Pelaksanaan NLE menyebutkan, sebagaimana diketahui bersama dalam Instruksi Presiden nomor 5 tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional bahwa dalam rangka meningkatkan kinerja Logistik Nasional perbaikan iklim investasi dan meningkatkan daya saing Perekonomian Nasional. Presiden telah menginstruksikan kepada para Menteri, Sekretaris Kabinet, Kapolri, para Kepala Lembaga Pemerintah non Kementerian dan para Gubernur untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangan masing-mssing secara terkoordinasi dan terintegrasi untuk melaksanakan Penataan Ekosistem Logistik Nasional, Kamis (22/6/2023).

Disisi lain, Kepala Bea Cukai Banyuwangi Tedy Himawan memberikan ucapan terimakasih kepada bapak Syamsurizal. “Tentunya acara deklarasi dan sosialisasi ditempat kantor kami, ada beberapa ruang bisa digunakan binteknya, sebagian bisa diatas dan sebagian dibawah, untuk bapak ibu yang ikut bintek secara tehnis bisa dilanjutkan.

Kami mohon maaf terkait penyambutan kami, mungkin ruangannya tidak terlalu besar, dan inilah yang bisa kami sediakan untuk bapak ibu yang hadir, selamat mengikuti acara selama bintek, sekaligus kami buka acara deklarasi dan sosialisasi NLE,” jelasnya.

Selain itu, Kasubdit Efisiensi Proses Bisnis, LNSW Erwin Hariadi mengatakan, NLE sudah disiapkan oleh bapak Syamsurizal selaku Koordinator Pelaksanaan NLE dan tujuan utamanya untuk bisa mempercepat waktu dan pos bisa dilaksanakan secara cepat, tepat di pelabuhan Tanjung Wangi maupun di pelabuhan lainnya se- Indonesia.

“Tentang kelancaran pengiriman pergerakan arus barang, pengiriman barang ekspor dan impor, mengefisienkan biaya logistik dan perekonomian berjalan lancar, jelasnya.

Untuk diketahui, Pakta Integritas, sebagai berikut :

1. Melaksanakan implementasi nasional National Logistics Ecosystem diwilayah kerja kami sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. Melaksanakan mekanisme koordinasi, komunikasi dan sosialisasi bersama, dalam pelaksanaan implementasi NLE diwilayah kerja kami.

3. Memastikan sinergi dan kolaborasi antar Instansi diwilayah kerja kami dalam pelaksanaan implementasi NLE sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

4. Menyediakan layanan Helpdesk secara fisik dan online untuk layanan pengaduan dari pengguna jasa terkait permasalahan dalam implementasi NLE diwilayah kerja kami.

5. Melakukan monitoring dan evaluasi implementasi NLE diwilayah kerja kami serta melaksanakan rekonsiliasi staikholder untuk meminimalisir perbedaan data.

Laporan: @dji

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button