JATIMMADIUN

‘BERSIH DESA’ LESTARIKAN ADAT, TRADISI DAN BUDAYA DESA KINCANG WETAN

Prosesi ‘Bersih Desa’ (Ziarah punden dan karnaval) di desa Kincang Wetan yang dilaksanakan setiap bulan suro (Foto: Bas BN.com)

MADIUN, BIDIKNASIONAL.com – Bersih Desa merupakan adat tradisi turun temurun dari nenek moyang khususnya masyarakat jawa sebagai wujud syukur kepada TUHAN YME atas rejeki, kesehatan dan keselamatan yang diterimanya. 

Sabtu (12/08/2023), Desa Kincang Wetan Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun, mengadakan prosesi “Bersih Desa” yang diawali dari Kantor Desa setempat, dan melakukan ziarah menuju ke beberapa punden di desa setempat. 

“Punden Mundu” merupakan salah satu yang didatangi pertama kali, ditempat itu dilakukan doa dan kenduri/slamatan oleh perangkat dan lembaga desa bersama masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan itu Etty Soekilasmini selaku Kades Kincang Wetan menuturkan, acara “Bersih Desa” khususnya di desa ini merupakan agenda rutin setiap tahun, yang dilaksanakan setiap bulan Suro. Bertujuan untuk memupuk rasa kebersamaan, keharmonisan, serta merupakan wujud syukur atas limpahan rejeki dan keslamatan dari Yang Maha Kuasa, serta menjaga kelestarian adat, tradisi dan budaya yang dilakukan secara turun temurun.

Di Desa ini ada tujuh Punden, masih kata Kades Etty. Sumur Gumuling merupakan Punden terakhir yang didatangi, dan disini hiburan berupa langen bekso atau gambyong yang merupakan seni tradisional khas jawa peninggalan leluhur dahulu digelar. 

Ziarah ke Punden ini merupakan rangkaian kegiatan “Bersih Desa” tahun ini, dan besok akan diadakan Kirab serta Karnaval Budaya yang diikuti oleh masyarakat yang mewakili masing-masing lingkungan di tingkat Rt dan Rw serta dari lembaga pendidikan yang berada di Desa Setempat mulai dari tingkat TK sampai SLTA yang akan menyuguhkan berbagai macam tampilan seperti, tari, drumband, peragaan busana dll. Rencana start dari Lapangan Desa Kincang Wetan dan Finish di Punden Sumur Gumuling.

Pihak panitia dari kegiatan Bersih Desa juga menyediakan tali asih atau hadiah bagi Peserta Karnaval yang mendapat Predikat terbaik. “Mudah-mudahan acara ini bisa berjalan lancar, kondusif sesuai harapan kita semua,” pungkasnya.

Laporan: Bas/Mdn

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button