PASAMANSUMBAR

Pawai Budaya Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pasaman Ke 78

● Nagari Tanjung Beringin Tampilkan Pertunjukan Budaya Sunaik Rasu

Ronal, Wali Nagari Tanjung Beringin, Foto Bersama Sesaat Sebelum Memulai Pawai Festival Budaya Hut Pasaman Ke 78 (9/10/2023)/ Foto: Rf BN.com

PASAMAN, BIDIKNASIONAL.com – Pemerintahan Nagari Tanjung Beringin Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman Tampilkan tradisi budaya sunaik rasu dalam festival budaya dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten Pasaman ke 78 di jalan Jendral Sudirman Lubuk Sikaping, (9/10/2023).

Kegiatan Pawai budaya tersebut di ikuti oleh peserta dari 60 Nagari yang ada dikabupaten Pasaman dengan menampilkan berbagai kesenian dan budaya yang ada di kabupaten Pasaman.

Untuk Nagari Tanjung Beringin Sendiri sengaja memilih tema Tradisi Sunaik Rasu dan kesenian Dikia Pano, yang mana tradisi dan kesenian tersebut merupakan budaya khas lokal Nagari Tanjung Beringin.

Adapun beberapa hal yang menjadi alasan pihak Nagari Tanjung Beringin mengangkat tema tersebut menurut sekretaris Nagari Tanjung Beringin Neneng Riani mengatakan.

“Tema dengan mempertunjukan kebudayaan lokal yang khas pada ajang festival Budaya yang kami ikuti ini selaras dengan visi misi Pasaman, yaitu menjadikan kabupaten Pasaman yang bermartabat, oleh karena itu, kami lebih mengedepankan kebudayaan ataupun tradisi asli Nagari seperti tradisi “Sunat Rasu” dan dikia pano, yang mana tradisi tersebut sudah merupakan kebudayaan serta tradisi kesenian yang sudah ada sejak Zaman nenek moyang masyarakat Nagari Tanjung Beringin. Ungkang Neng, sekna Tanjung Beringin.

Sementara itu, Didia Dharma, ketua Bamus Nagari Tanjung Beringin mendukung penuh tema yang dipilih, menurut nya selain hal tersebut merupakan tradisi lokal Nagari, dalam tradisi sunaik rasu selain menjalankan sunnah sebagai penanda seorang anak telah beranjak dewasa, juga menjadi penyambung tali silaturahmi antara kerabat, ipa maupun bisan dalam Nagari, pada inti nya tradisi ini juga dapat mempersatu antara sesama, titup Didia Darma.

Dalam pawai karnaval Budaya, Tampak Ronal Wali Nagari Tanjung Beringin turun tangan untuk menyemangati peserta dari Nagari tanjung Beringin, dalam memperagakan tradisi dan budaya dalam ajang perayaan peringatan hari jadi Pasaman tersebut.

Ronal, juga langsung memimpin penyerahan jamba yang berisikan singgang ayam sebagai persembahan kehormatan kepada Bupati Pasaman saat arak arakan nya melintasi tenda Bupati Pasaman beserta petinggi daerah kabupaten Pasaman lain nya.

Laporan: Rf

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button