BANYUWANGIJATIM

Kabid Angkutan Dishub Banyuwangi Tanto Sujono Himbau Pemilik Kendaraan Segera Uji Kir, Gratis

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Banyuwangi Tanto Sujono, Amd. LLAJ, ST.,(dok.foto: @dj BN.com)

BANYUWANGI, BIDIKNASIONAL.com – Pemkab. Kabupaten Banyuwangi, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banyuwangi melaksanakan program biaya Uji KIR gratis, terhitung mulai tanggal 2 Januari tahun 2024.

Plt. Kepala Dishub Banyuwangi Drs. Dwiyanto melalui Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Banyuwangi Tanto Sujono, Amd. LLAJ, ST menghimbau, bagi pemilik kendaraan pribadi atau perusahaan mulai kendaraan truck, bus, pick up, dll. Uji Kir dan biaya gratis, terhitung mulai tanggal 2 Januari tahun 2024.

” Untuk kendaraan juga di cek kelengkapan mulai kondisi ban, rem, lampu depan belakang, kipas kaca, dll, dan sewaktu-sewaktu petugas Dishub LLAJ bersama petugas gabungan dari Satlantas Polresta Banyuwangi dan jajaran instansi terkait akan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan ‘Ramchek’,” ujarnya.

Perlu diketahui, Ramchek adalah pemeriksaan untuk mengetahui kondisi kendaraan layak jalan atau tidak guna mencegah terjadinya kecelakaan di jalan.

Lebih lanjut dikatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu-Lintas dan Angkutan Jalan, berharap semua kendaraan terhitung mulai 2 Januari tahun 2024 tidak ada lagi ODOL (over dimensi over loading) ‘Zero ODOL’

“ODOL adalah suatu kondisi dimana dimensi pengangkut kendaraan tidak sesuai dengan standart produksi pabrik (modifikasi) dan kondisi dimana kendaraan mengangkut muatan yang melebihi batas beban yang ditetapkan,” sebutnya.

Selain itu disampaikan, sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan pengamanan dan pelayanan di Pos terpadu dalam rangka liburan (Nataru) Natal 2023 dan Tahun baru 2024 kemarin arus lalu-lintas berjalan lancar, aman dan kondusif.

” Kegiatan ini hasil sinergitas, koordinasi, kolaborasi dengan Satlantas Polresta Banyuwangi, Dishub LLAJ Provinsi Jatim, bersama jajaran instansi terkait,” terangnya. Kamis sore (4/1/2024).

Laporan: @dji

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button