HALMAHERA SELATANMALUKU UTARA

KECAMATAN BACAN TIMUR TENGAH GELAR RAKOR LINTAS SEKTOR TRIWULAN I TAHUN 2024

HALMAHERA SELATAN,
BIDIKNASIONAL.com – Usai melaksanakan Upacara Disiplin Pegawai di Pelataran UPTD Puskesmas Bibinoi, Camat Bacan Timur Tengah Hari Purnomo Trisnadi, ST langsung memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektor Kecamatan.

Bertempat di Ruang Rapat Kantor Camat Bacan Timur Tengah, Hari Purnomo Trisnadi, ST langsung membuka Rapat tersebut, yang dihadiri oleh Danramil 1509-01 Pulau Bacan, Kepala Puskesmas Bibinoi, Para Kepala Desa dalam wilayah Kecamatan beserta perangkat, BPD, Koordinator PLKB, Penyuluh Pertanian, dan TP PKK Desa. Dalam sambutannya Camat mengingatkan kembali tentang Netralitas ASN dan Netralitas Aparatur Pemerintah Desa.

“ASN wajib menjaga netralitas dalam pemilu. Peraturan perundangan telah mengatur bahwa ASN wajib menjaga netralitasnya dengan cara terbebas dari pengaruh maupun intervensi semua golongan dan partai politik, begitu juga dengan Aparatur Desa maupun BPD, Aparatur desa dilarang melakukan politik praktis pada saat perhelatan tahun politik. Sanksi dapat dijatuhkan kepada mereka yang terbukti terlibat dalam politik praktis. Dikhawatirkan akan adanya konflik interest antara perangkat desa dengan masyarakat. Hal tersebut akan menimbulkan terganggunya pelayanan kepada masyarakat,” Ujar Hari Purnomo dalam Sambutannya.

Dalam rapat lintas sektor ini juga dibahas usaha peningkatan derajat kesehatan masyarakat, disampaikan oleh Kepala Puskesmas Bibinoi Nasarudin Kamarullah,S.Farm.,Apt, (Syami) beserta beberapa orang pengelola layanan kesehatan.

” Pertemuan ini adalah salah satu ruang membangun komitmen, menyatukan misi ditingkatan pemangku kepentingan, camat sebagai pemerintah kecamatan, kepala desa sebagai representasi masyarakat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan puskesmas sebagai instasi kesehatan untuk sama-sama bersinergi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” Ungkap Syamil pada sela-sela pemaparannya.

Diakhir kegiatan, Camat Hari Purnomo Trisnadi, ST mengingatkan kepada para “Kepala Desa agar menegaskan komitmen pemerintah desa untuk terus meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan desa, serta memastikan bahwa setiap dana desa digunakan secara efisien dan efektif untuk pembangunan desa dengan segera menyusun dan membenahi Laporan Pertanggung Jawaban Pengelolaan Keuangan Desa”. Ujarnya.

Laporan : Anwar Jurnalis
Editor : Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button