JATIMJOMBANG

Diusulkan Pupuk Subsidi di Kabupaten Jombang Ditambah

M.Roni Kepala Dinas Pertanian Jombang (dok.foto: tok BN.com)

JOMBANG, BIDIKNASIONAL.com – Diusulkan pupuk di kabupaten Jombang supaya ditambah karena rencana usulan ditambahnya pupuk subsidi nasional senilai Rp 14 triliun akan menutup kekurangan di daerah- daerah Jawa timur termasuk kabupaten Jombang. Sebab penambahan subsidi pupuk nasional akan meningkatkan produktifitas pertanian, termasuk di kabupaten Jombang.

Menurut M.Roni Kepala Dinas Pertanian Jombang bahwa Dinas Pertanian Jombang sudah melakukan sosialisasi terkait penyusunan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) tujuannya petani diwajibkan bisa membuat usulan RDKK.

“Jadi, pada penyusunan RDKK ketentuannya harus dilakukan boleh petani secara musyawarah dipimpin oleh ketua Poktan. Sedangkan bagi pendaftaran RDKK secara terlampir yaitu formulir pendaftaran, foto copy KTP terbaru, KK terbaru, bukti kepemilikan/ SPPT PBB baru serta mencantumkan titik koordinat lahan garapan per tani dengan format desimal degree.
Sedangkan petani yang berhak menerima pupuk subsidi adalah petani luas 2 ha setiap musim tanam ,dan di utamakan petani kecil dengan luas lahan 0,5 ha” ujar kepala Dinas Pertanian Jombang.

Sementara itu menurut informasinya, arahan dari Presiden RI, ada penambahan pupuk subsidi secara nasional. Untuk penambahan pupuk subsidi sangat diharapkan karena alokasi nya di Jawa timur sangat kurang. Apabila tidak ditambah pasti akan berakibat terjadinya penurunan produksi pertanian terutama di Jawa timur.

Laporan: Tok

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button