LAMPUNGLAMPUNG BARAT

EDUKASI REMAJA CEGAH STUNTING, DP2KBP3A LAMBAR GELAR KEGIATAN “INI GENTING”

GenRe yang mengikuti kegiatan INI GENTING yang di prakarsai Dinas P2KBP3A Lambar. (Foto: doc. Dinas P2KBP3A Lambar)

LAMPUNG BARAT, BIDIKNASIONAL.com
Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat ( Lambar) dalam pencegahan dan penekanan angka kasus stunting. Salah satu upaya yang dilakukan yakni menggelar kegiatan yang bertajuk INI GENTING ( Implementasi Nyata GenRe Indonesia Cegah Stunting) dengan sasaran kelompok remaja dan pelajar yang tergabung dalam wadah GenRe ( Generasi Berencana).
GenRe sendiri merupakan salah satu wadah binaan Dinas P2KBP3A Lampung Barat.

Kegiatan yang bertujuan mengedukasi remaja tentang pencegahan stunting tersebut telah dimulai sejak tanggal 11 Mei 2024 hingga akhir semester tahun 2024.

Putri Salsa Bila Madayani selaku ketua umum GenRe Lampung Barat didampingi ketua bidang komunikasi dan Edukasi GenRe Lampung Barat Rismalia Gultom mengatakan bahwa kegiatan implementasi cegah stunting ini diinisiasi oleh GenRe Kabupaten Lampung Barat dan melibatkan anggota PIK Remaja (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) serta siswa-siswi di SMP dan SMA di seluruh Kabupaten Lampung Barat.

“Pengurus GenRe Lampung Barat bertindak sebagai fasilitator, termasuk satu fasilitator nasional dan dua fasilitator provinsi,” tambahnya.

“Kegiatan ini berlangsung diberbagai sekolah di Kabupaten Lampung Barat dan sudah diimplementasikan di 11 sekolah seperti SMAN 1 Liwa, SMAN 2 Liwa, SMAN 1 Sukau, MAN 1 Lampung Barat, SMKN 1 Liwa, SMPN 1 Liwa, SMPN 3 Liwa, SMPN 4 Liwa, SMPN Sekuting Terpadu, MTSN 1 Lampung Barat, dan SMPN 1 Belalau. Lokasi kegiatan bervariasi mulai dari aula sekolah, ruang kelas, hingga lapangan terbuka sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekolah masing-masing,” tandas Putri Salsabila, ditemui diruang kerjanya, Selasa 2 -7-2024.

Lebih lanjut Putri mengatakan bahwa stunting merupakan masalah kesehatan yang serius di Kabupaten Lampung Barat dengan angka kejadian yang masih cukup tinggi. Edukasi remaja tentang stunting penting dilakukan karena mereka adalah calon orang tua masa depan yang dapat menerapkan pengetahuan ini untuk mencegah stunting pada generasi berikutnya. Selain itu kita juga mengedukasi para generasi muda terkait pentingnya asupan gizi yang baik dan menjaga kesehatan reproduksi sejak dini.

Putri menambahkan bahwa kegiatan INI GENTING dibagi menjadi beberapa sesi interaktif yang mencakup Nutrisi Seimbang dan Pola Makan Sehat, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, materi Anemia dan Pentingnya Tablet Tambah Darah dan Pengenalan Stunting dan dampaknya.

Sementara ketua bidang komunikasi dan Edukasi GenRe Lampung Barat Rismalia Gultom menambahkan bahwa teknis penyajian kegiatan diselingi dengan permainan edukatif untuk memperkuat pemahaman peserta sehingga peserta tidak jenuh.

Selanjutnya Risma menambahkan bahwa pelaksanaan kegiatan “INI GENTING” bisa terlaksana atas kerjasama dan koordinasi yang baik antara GenRe Kabupaten Lampung Barat dengan pihak sekolah, dan PIK Remaja. Ada beberapa langkah yang dilakukan dalam melaksanakan kegiatan tersebut diantaranya dimulai dari Perencanaan dan Persiapan dengan menyusun materi, mempersiapkan alat dan bahan untuk permainan, serta mengatur jadwal kegiatan di setiap sekolah. Selanjutnya sosialisasi dan koordinasi dengan pihak sekolah untuk menjelaskan tujuan dan manfaat kegiatan INI GENTING. Mereka juga melakukan koordinasi untuk menentukan waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan.

Setiap sesi dilakukan dengan interaktif dan melibatkan peserta secara aktif. Fasilitator menyampaikan materi dengan menggunakan berbagai metode, termasuk ceramah, diskusi, dan permainan.

“Setelah kegiatan selesai, tim GenRe melakukan evaluasi untuk menilai keberhasilan kegiatan dan mencari area yang perlu diperbaiki. Hasil evaluasi digunakan untuk merancang kegiatan serupa di masa depan agar lebih efektif dan bermanfaat,” pungkasnya.

Laporan: TAUFIK

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button