LABUHANBATUSUMUT

Perhelatan Porsadin ke-VI Tingkat Kabupaten Diprakarsai DPC FKDT Labuhanbatu

LABUHANBATU, BIDIKNASIONAL.com – Situasi semarak dan meriah menghinggapi perhelatan pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Diniyah (PORSADIN) VI Tingkat Kabupaten Labuhanbatu yang digelar oleh jajaran Dewan Pengurus Cabang Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DPC FKDT) Labuhanbatu sebagai Prakarsa atas kegiatan tersebut, bertempat di Gedung Olahraga Rantauprapat Jalan WR. Supratman, Kelurahan Padang Matingi, Kecamatan Rantau Utara, pada Jumat (06/09/2024).

Acara yang telah resmi dibuka oleh Plt Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., M.M., ini diikuti oleh enam ratusan peserta dari lembaga pendidikan diniyah di 9 (Sembilan) Kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu.

Pada kesempatan itu ketika diwawancarai oleh akarrumput Ketua Panitia Pelaksana Porsadin VI, Khairul Anwar Pasaribu, S.Pd.I., menyampaikan bahwa penyelenggaraan PORSADIN VI di tahun ini harapannya lebih meriah dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Harapan kita semoga Porsadin VI tingkat Kabupaten Labuhanbatu bisa menjadi ajang yang berfaedah bagi para santri dan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu,” terang Khairul Anwar (Jumat, 06/09/2024).

Khairul Anwar Pasaribu, S.Pd.I. juga mengatakan Porsadin VI akan berlangsung selama 3 hari, “mulai hari ini, Jumat tanggal 06 September sampai dengan 08 September 2024 dan akan ditutup dengan acara penutupan yang akan dimeriahkan dengan pembagian hadiah bagi peserta juara lomba, nantinya mereka yang juara  akan mewakili Kabupaten Labuhanbatu pada Tingkat Provinsi,” tandas Ketua Panitia Pelaksana tersebut.

Sementara itu, Ketua DPC FKDT Labuhanbatu, Aliamsah Ritonga, M.Pd., di acara pembukaan Porsadin VI mengucapkan apresiasi dari semua pihak yang mendukung kegiatan tersebut,  “terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang mendukung kegiatan Porsadin ini, terkhusus Ibunda kami Plt. Bupati Labuhanbatu, Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd.,MM., Ayahanda kami, Kakan Kemenag Labuhanbatu Dr. H. Asbin Pasaribu, S.Ag., MA., Mitra kami Kadis Porabudpar Hulwi, S.E., Abang kami H. Boster Sitio, dan seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu,” timpal Aliamsah (Jumat, 06/09/2024).

Masih dalam keterangan Ketua DPC FKDT Labuhanbatu menuturkan, pihaknya menghimbau dan mengajak kepada semua pihak untuk terus lebih giat lagi bahu-membahu dalam mengembangkan Diniyah yang ada di Kabupaten Labuhanbatu.

“Insya Allah kami akan terus berkomitmen untuk mengembangkan Diniyah yang ada di kabupaten kita ini, oleh karena itu kami juga berharap agar kiranya seluruh mitra kami di Kabupaten Labuhanbatu dapat mendukung dan memperhatikan kami. Kita mungkin punya tujuan yang sama, sama-sama ingin membangun Kabupaten Labuhanbatu ini, hanya saja, beginilah cara kami dalam berbuat, melalui jalur non formal dengan mengembangkan bakat-bakat yang ada pada Diniyah,” tegas Aliamsah Ritonga, M.Pd.

Informasi yang berhasil dihimpun oleh jurnalis perhelatan Porsadin VI Tingkat Kabupaten Labuhanbatu cabang  yang diperlombakan sebanyak tiga belas cabang olahraga dan seni. Diantaranya Bulu Tangkis, Tenis Meja, Catur, Lari Sprint 100 Meter, MTQ, MQK, Tahfidz Juz Amma, Murottal Wal Imla’, Kaligrafi, Puisi Islami, Cerdas Cermat Diniyah, Pidato Bahasa Indonesia,  dan Pidato Bahasa Arab.

Sebagaimana diketahui Porsadin adalah ajang silaturahim dan kompetisi antar santri Diniyah Takmiliyah, bertujuan terselenggaranya Porsadin ini yakni untuk mengembangkan prestasi dan memotivasi para santri diniyah.

Hal lainnya Porsadin dapat menjaga dan mengembangkan keseimbangan kesehatan jasmani dan rohani, kecerdasan spiritual dan emosional generasi bangsa, melatih kejujuran dan sportivitas serta membangun kepercayaan diri santri.

Laporan: M.SUKMA

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button