JATIMLAMONGAN

Jelang Motocross KASAL Cup 2023 di Lamongan, Begini Persiapannya

Venue event Kejuaraan Nasional Motocross IndoMX National Championship tahun 2022 lalu. (Foto. dok: Bang IPUL / Tian BN.com)

LAMONGAN, BIDIKNASIONAL.com – Persiapan menjelang venue event bergengsi Kejuaraan Motocross kelas Nasional bertajuk KASAL Cup 2023 Grasstrack Junior Motocross Supertrack Championship putaran ke empat akan digelar di Lamongan pada tanggal 2 – 3 September 2023 mendatang.

Perebutan Piala KASAL Cup ini akan berlangsung di Sirkuit Jotosanur Primkop Suwoko Kodim Kodim 0812, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Saat ini pengerjaan sirkuit Jotosanur Primkop Suwoko Kodim Kodim 0812, yang memiliki lintasan terpanjang di Indonesia berada di lahan seluas 7 hektare ini mulai dipersiapkan.

H. Dudung, owner JC Supertrack, mengungkapkan, dari beberapa lokasi yang ada, pada sirkuit Jotosanur dinilai memiliki persiapan yang lebih baik, meskipun masih ada beberapa pembenahan-pembenahan.

“Lokasi-lokasi yang sudah kami jalankan di satu dua dan tiga, disini lebih mudah. Mungkin tinggal pembenahan-pembenahan sedikit, menyesuaikan kelas yang akan diperlombakan.

Untuk peserta yang akan meramaikan Kejurnas Grasstrack Junior Motocross Supertrack Championship KASAL Cup, kata dia, antara lain dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi, Bali, Kalimantan, Sumatra Utara hingga Papua” kata H. Dudung saat meninjau di lokasi, Jum’at (04/08).

“Pada putaran empat di sirkuit Jotosanur ini, Final Round nya, Grasstrack Region dua yang di Jawa nanti kita akan membagi unit motor, kemudian plus 1 unit motor untuk peserta yang sudah di putaran empat kita akan kasih doorprize,” bebernya.

Diberitakan sebelumnya, Sirkuit Jotosanur Lamongan bakal jadi event kejuaraan nasional Kasal Cup Motocross 2023 Putaran ke Empat.

Sebelumnya, Sirkuit Jotosanur setelah berhasil dijadikan venue event Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motocross IndoMX National Championship tahun 2022 lalu.

Kini, Sirkuit Jotosanur kembali akan dijadikan lokasi event bergengsi Nasional Grasstrack Junior Motocross Supertrack Championship Kasal Cup 2023 yang diselenggarakan TNI Angkatan Laut.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono berkunjung dan bertemu Bupati Lamongan Yuhronur Efendi.

Bahwa pada event Kasal Cup 2023 putaran ke empat nanti akan dilaksanakan di Sirkuit Jotosanur Primkop Suwoko Kodim 0812 Lamongan.

“Bapak Bupati, kami hadir dan sowan (berkunjung) kesini merencanakan event Motocross 2023 putaran ke empat. “Event pertama yang sebelumnya digelar di Mojokerto, kedua di Tegal, ketiga serta di Salatiga dan cukup meriah.

Apalagi dilaksanakan di sini yang dekat dengan seluruh area di Jawa Timur pasti pesertanya akan lebih banyak, apalagi nanti akan kita dukung full pasti akan lebih meriah dari yang di Salatiga.

Saya yakin ini adalah salah satu hiburan masyarakat dan pastinya juga bisa meningkatkan UMKM,” ungkap Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono di Guest House Pemkab. Lamongan, Kamis (27/07).

Selain digelar Kejurnas Motocross, juga akan dimeriahkan sejumlah kegiatan seperti pameran sejumlah Alutsista TNI AL, aksi Terjun Payung, hingga pameran UMKM lokal.

“Event ini direncanakan satu bulan lagi Pak Bupati, jadi kita akan segera penuhi berbagai surat izin dan lainnya, termasuk izin UMKM Lamongan yang nantinya bisa ikut pameran, mudah-mudahan nanti berjalan lancar,” imbuh Danlantamal Laksma Eko Wahjono.

Mendengar hal tersebut, Bupati Lamongan yang akrab disapa Pak Yes ini mendukung penuh. Hal ini secara pasti nantinya berbagai kegiatan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama event yang berlokasi di sirkuit yang memiliki lintasan terpanjang di Indonesia itu.

“Tahun lalu di Sirkuit Jotosanur yang sudah berstandart nasional itu juga sukses diselenggarakan event nasional motocross dan mendapat antusias luar biasa dari masyarakat.

“Jadi, menurut Bupati Lamongan, bayangan kami yakin sukses dan Insya’Allah nantinya akan menyita perhatian masyarakat. Lebih dari itu, tambahnya, ini akan berdampak positif di sektor ekonomi maupun pariwisata,” terangnya.

Penulis : Bang IPUL / Tian
Editorial : Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button