GROBOGANJATENG

Bupati Grobogan Terima Penghargaan Adhikarya Pembangunan Pertanian

Bupati Grobogan Terima Penghargaan Adhikarya Pembangunan Pertanian, Langsung dari Wakil Presiden RI (Foto: ist)

GROBOGAN, BIDIKNASIONAL.com – Bupati Grobogan Sri Sumarni menerima penghargaan Adhikarya Pembangunan Pertanian yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI di Istana Wakil Presiden, pada hari Senin (14/8/ 2023).

Penghargaan Adhikarya Pembangunan Pertanian tersebut diperoleh berkat komitmen pemerintah Kabupaten Grobogan dalam meningkatkan ketahanan pangan.

“Alhamdulillah, pada hari ini Kabupaten Grobogan memperoleh Penghargaan Adhikarya Pembangunan Pertanian. Penghargaan tersebut sebagai wujud apresiasi Wakil Presiden kepada Pemerintah Kabupaten Grobogan dalam menyukseskan pembangunan pertanian ditanah air, khususnya di Kabupaten Grobogan,” ujar Bupati Grobogan.

Tidak hanya itu, Bupati Grobogan juga mengatakan bahwa Kabupaten Grobogan merupakan produsen padi, jagung, dan kedelai tertinggi di Jawa Tengah.

“Kabupaten Grobogan memiliki luas lahan baku sawah seluas 83.833 hektar dan merupakan produsen padi, jagung, dan kedelai tertinggi di Jawa Tengah,” ujar Bupati Grobogan.

Adapun produksi padi tahun 2022 berdasarkan data KSA BPS dengan luas panen 136.733 hektar, mencapai 785.111 ton atau 510.000 ribu ton beras, dengan konsumsi penduduk Kabupaten Grobogan 1,5 juta jiwa sebesar 150 ribu ton per tahun maka Kabupaten Grobogan surplus beras 360 ribu ton.

Sementara produksi jagung dengan luas panen 136.733 hektar, mencapai 845.522 ton. Produksi kedelai dengan luas panen 17.660 hektar, mencapai 34.603 ton dengan konsumsi kedelai penduduk Kabupaten Grobogan dari 1,5 juta jiwa sebesar 15 ribu ton per tahun maka Kabupaten Grobogan surplus kedelai lokal 19 ribu ton.

Untuk komoditas strategis tanaman hortikultura, produksi bawang merah 24 ribu ton dan cabai 14 ribu ton. Selain itu Grobogan juga merupakan penghasil semangka, melon, jambu air, belimbing, dan pisang. Sedangkan untuk komoditas perkebunan, produksi tebu mencapai 5.262 ton gula kristal putih dan tembakau 3.187 ton rajangan kering.

Bupati Grobogan berharap sektor pertanian di wilayah Kabupaten Grobogan semakin maju. Ia juga mengajak para pejuang pertanian untuk mempererat kerjasama untuk mewujudkan petani yang maju dan sejahtera.

“Saya berharap bahwa pada sektor pertanian di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Grobogan semakin maju. Sehingga tercipta petani sejahtera, menuju Indonesia makmur dan jaya,” pungkasnya.

Laporan: Heru Budianto

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button