JATIMMALANG

Dedikasi untuk Negeri di HUT Kemerdekaan RI, RSUD Saiful Anwar Berhasil Pisahkan Bayi Kembar Siam Aliyah – Aisyah

● Libatkan 50 Dokter Ahli Multidisipliner

HARU BAHAGIA : Kepulangan Aliyah – Aisyah Dari Gedung Rehabilitasi Medik Dan Manajement Terpadu RSUD Saiful Anwar diiringi puluhan Dokter dan Perawat kibarkan bendera merah putih sebagai tanda kebahagiaan (Foto: ist)

MALANG, BIDIKNASIONAL.com – Patut diapresiasi, keberhasilan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Saiful Anwar (RSSA) Provinsi Jawa Timur melakukan operasi pemisahan kembar Siam Aliyah – Aisyah, bayi berusia 11 bulan asal Pasuruan. Dinilai sebagai bentuk dedikasi untuk negeri.

Kondisi Aliyah-Aisyah secara klinis saat ini baik, meliputi sistem susunan saraf pusat, jantung, dan paru-paru dalam kondisi normal. kata Ketua Tim Dokter Ahli Kembar Siam Aliyah-Aisyah dr. Eko Sulistijono.

Tim Dokter melihat kondisi kondisi kesehatan satu bayi pasca-operasi pemisahan, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar, Selasa (15/8). (Foto. Dok : Humas RSUD Saiful Anwar)

Secara klinis meliputi sistem susunan saraf pusat, jantung, dan paru-paru ke – dua bayi dalam kondisi normal. Saat ini keduanya bahkan juga bisa menerima asupan nutrisi tanpa ada masalah dan secara garis besar bayi tersebut aktif. Luka bekas operasi juga mulai membaik,” terangnya.

Untuk perawatan luka bekas operasi ini, tambahnya, dilakukan  melalui dengan rawat jalan. “Orang tua dari kedua bayi telah kami berikan  edukasi termasuk, pemenuhan  nutrisi yang  dibutuhkan Aisyah dan Aliyah. Nantinya kami juga akan melakukan fisioterapi secara rutin agar perkembangan sesuai dengan usia,” jelas dr. Eko Sulistijono.

● Kapasitas Dan Kapabilitas Tim Dokter RSUD Dr. Saiful Anwar Tak Diragukan

Patut Diapresiasi, Tim dokter RSUD Dr. Saiful Anwar Provinsi Jawa Timur yang Berhasil Pisahkan Kembar Siam Aliyah – Aisyah

Keberhasilan operasi pemisahan bayi kembar siam Aliyah – Aisyah pada HUT Ke-78 Kemerdekaan RI, tentu menjadi momentum yang positif. Kemampuan tim dokter ahli kembar siam RSUD Dr. Saiful Anwar dalam menangani operasi pertamanya membuktikan tidak kalah dengan rumah sakit lain di Indonesia yang berhasil melakukan operasi serupa.

● Kondisi Membaik, Kembar Siam Aliyah – Aisyah Dipulangkan Ke Pasuruan

Kondisi kian membaik, bayi Aliyah dan Aisyah dipulangkan tim RSUD Dr. Saiful Anwar, Selasa 22 Agustus 2023. Setelah menjalani operasi pemisahan kembar siam dan perawatan selama intensif selama 10 hari.

 “Aisyah-Aliyah telah mendapatkan ijin rawat jalan dari tim dokter ahli, Selasa 20 Agustus 2023. Kendati kesehatanya akan tetap dipantau tim dokter RSUD Saiful Anwar hingga berumur dua (2) tahun,” kata Direktur RSUD Saiful Anwar dr. M. Bachtiar Bidianto.

Direktur RSUD Saiful Anwar dr. M. Bachtiar Bidianto (kiri) Pastikan Kondisi Aliyah – Aisyah Sehat.

Lebih lanjut pria yang dikenal humble ini menjelaskan, terhutang sudah 10 hari pasca-operasi pemisahan kembar Siam Aliyah – Aisyah menjalani perawatan di RSUD Saiful Anwar. Alhamdulilla kondisi keduanya sangat baik, stabil, dan sudah boleh pulang. jelasnya.

Keberhasilan pemisahan kembar siam Aliyah – Aisyah oleh tim dokter ahli ini melalui proses perencanaan yang tepat dan persiapan yang matang. Sehingga, tindakan yang dihasilkan tepat,” kata dr. M. Bachtiar Budianto.

Ada 50 dokter multidisipliner masuk dalam tim operasi Kembar siam Aliyah Aisyah. Termasuk tim kembar siam dari Rumah Sakit Dr. Soetomo yang sudah 123 kali melakukan operasi serupa, ikut mendampingi. imbuhnya.

Untuk diketahui bayi kembar siam (Al – Ais) dilahirkan di RS Saiful Anwar pada, 15 September 2022, silam. Pasien (Ibu) Al – Ais merupakan rujukan dari RSUD Bangil Pasuruan, saat usia kandungan (7) bulan karena mengalami kelainan berdasarkan hasil USG.

Sejak saat itu, keduanya dirawat intens dan dipantau langsung oleh tim dokter ahli RSUD Saiful Anwar. Kedua bayi (Al – Ais) tersebut mengalami dempet perut, hati dan dada atau omfalopagus.

Laporan: Toddy
Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button