ACEHBIREUEN

30 Siswa SDN 1 Jeunieb Ikuti Ujian ANBK di ‘Sekolah Tetangga’

BIREUEN, BIDIKNASIONAL.com – Sebanyak 30 siswa UPTD SDN 1 Jeunieb mengikuti ujian ANBK Tahun 2023 di UPTD SMPN 1 Jeunieb Bireuen yang merupakan Sekolah Tetangga, Senin (23/10/2023).

Kepsek SDN 1 Jeynieb Marbawi menyebutkan, menumpang ujian ANBK di UPTD SMPN 1 Jeunieb telah membuktikan kalau selama ini UPTD SDN 1 belum memiliki sarana prasarana komputer yang lengkap dan jaringan internet.

Dikatakan kepada bidiknasional.com, ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah.

Tiga penilaian dari ANBK sebagai bagian dari evaluasi pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia diantaranya, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid, Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid, Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Oleh karena itu pihaknya sangat mengharapkan perhatian serius dari Pemerintah untuk segera membantu mereka.

Sementara itu, kedatangan 30 siswa UPTD SDN 1 disambut baik oleh pihak UPTD SMPN 1 Bireuen, mereka juga bersama – sama melaksanakan Upacara Bendera bertemakan ” Bullying dan Anti Perundungan “.

Selanjutnya Plt Kepala UPTD SMPN 1 Jeunieb Bireuen, Kasmawati S.Si sangat mengharapkan dengan adanya koordinasi yang baik antara sekolah baik guru, orang tua murid dan masyarakat sehingga upaya pencegahan bullying atau anti perundungan dikalangan siswa dapat teratasi dan tidak ada korban yang berdampak pada mental, depresi dan kecemasan pada siswa.

” Inilah pentingnya kerjasama sekolah dengan pihak muspika Jeunieb. Demi tumbuh kembang nya pendidikan yang baik khususnya di UPTD SMP N 1 Jeunieb,” ujarnya.

Laporan: Hendra.S

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button