CILACAPJATENG

Dandim Cilacap: Cintai Alam Maka Alam Akan Mencintai Kita

○ Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia

CILACAP, BIDIKNASIONAL.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju” Kodim 0703/Cilacap sebelumnya telah melaksanakan kegiatan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan yang mana antusias warga sangat terlihat meramaikan kegiatan tersebut, dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu (21, 22/09/2024) dan pada hari ini, Jumat (27/09/2024) dilanjutkan dengan kegiatan Karya Bakti penanaman 1.500 Pohon dan pembersihan Pantai Teluk Penyu Cilacap.

Rangkaian peringatan HUT ke-79 TNI sejumlah kegiatan telah dilaksanakan dan besok juga akan dilaksanakan lomba PBB (Peraturan Baris Berbaris) tingkat SMP dan SMA/Sederajat yang bertempat di Lapangan Kodim 0703/Cilacap.

Dalam sambutannya, Dandim 0703/Cilacap menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada segenap jajaran instansi pemerintah dan masyarakat yang telah mendukung kegiatan penghijauan dan pembersihan di pantai Teluk Penyu. Upaya penghijauan kembali dilahan lahan kosong dan pembersihan pantai dilakukan sekaligus untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar saling menjaga keindahan alam. Terdapat banyak manfaat dari penghijauan, seperti mengantisipasi abrasi, gelombang pasang, mengurangi dampak pemanasan global serta antisipasi bencana lainnya.

“Saya berharap apa yang saat ini kita tanam bisa selalu dirawat sehingga dapat tumbuh dengan baik dan memberikan manfaat untuk anak cucu dan generasi mendatang,” ungkapnya.

Program ini juga merupakan wujud TNI manunggal bersama rakyat dan rasa cinta rakyat terhadap TNI, sekaligus bukti nyata cinta kepada alam sebagaimana salah satu tugas Kodim 0703/Cilacap untuk menjaga kelestarian alam. Ia juga berpesan agar tak hanya TNI, namun seluruh masyarakat harus selalu peduli terhadap alam tak hanya di pantai tapi juga di berbagai tempat di Kabupaten Cilacap.

“Bila kita cinta kepada alam maka alam akan cinta kepada kita, tak hanya TNI-Polri dan OPD, saya ajak siswa siswi untuk berpartisipasi juga sebagai sarana edukasi sejak dini tentang pentingnya melestarikan alam,” tambahnya.

Adapun jenis bibit pohon yang ditanam di Kawasan Pantai Teluk Penyu Cilacap adalah cemara laut. Setelah selesai proses menanam, dilanjutkan dengan kegiatan pembersihan pantai yang diikuti oleh seluruh peserta apel.

Tampak hadir Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P., Pj. Sekda Cilacap Jarot Prasojo, S.E., M.Si., Kapolresta Cilacap Kombes Pol. Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., Pasminlog Lanal Cilacap Mayor Laut (S) Abadi, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Kodim 0703/Cilacap, Jalasenastri Lanal Cilacap, Bhayangkari Polresta Cilacap, para pimpinan BUMN dan BUMD serta tamu undangan lainnya.

Reporter: Asep Saepudin

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button