JATIM

Menteri BUMN Kunjungan Kerja Ke Banyuwangi

PT. INKA Akan Membuat Pabrik Kereta Api Untuk Hubungan Kerja Taraf Nasional & Internasional

BANYUWANGI, JATIM, BN – Tepatnya hari Minggu (01/07/2018) Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Republik Indonesia Rini M Soemarno bersama rombongan meninjau lokasi yang akan dijadikan pabrik INKA (Kereta Api Indonesia) diatas lahan milik PTPN XII Kali Selogiri Afdeling Secang Wangkal, Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi seluas 84 Hektar.

Dalam kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Banyuwangi terkenal dengan budaya dan pariwisata, Menteri BUMN Rini didampingi Sesmen BUMN Imam Apriyanto Putro, Deputi JKJSK Gatot Trihargo, Deputi PISM Fajar Harry Sampurno, Deputi IAF Wahyu Kuncoro, Stafsus III Wianda Pusponegoro dan Protokol Sumardi Asisten Shally Pristini.

Dalam sambutannya Menteri BUMN Rini M Soemarno menyampaikan,” pelaksanaan pembangunan pabrik Kereta Api PT. INKA di Kabupaten Banyuwangi ada beberapa tahapan, ” jelasnya, (01/07/2018)

Rini menambahkan untuk sosialisasi pendirian pabrik pada Tanggal 25 Agustus 2018 dengan tahap pertama yaitu peletakan Batu pertama di laksanakan pada bulan Fesember 2018.

PT INKA, menurut Rini akan berdiri tahun 2019 yang akan datang dan di dorong untuk melaksanakkan produksi Kereta Api yang mensuplay kebutuhan Nasional dan ASEAN.

Diharapkan PT. INKA harus menjadi perusahaan Internasional yang menjadi market baik di Asia dan Afrika.

Perlu diketahui pabrik Kereta Api PT. INKA di Madiun sudah sempit dan diharapkan nantinya pabrik Kereta Api akan menyerap tenaga kerja masyarakat Kabupaten Banyuwangi dan sekaligus mengangkat perekonomian di sekitar pabrik Kereta Api PT. INKA.

Direktur keuangan PT. INKA Moh. Nur Sodiq menjelaskan,” untuk pabrik Kereta Api PT. INKA akan produksi 4 (empat) Car dan bersinergitas dengan BUMN lainnya seperti PT. Jasa Marga, PT. Telkom, PT. PLN terkait hubungan jaringan komunikasi dan jaringan listrik, sedangkan PT. KAI untuk hasil produksinya berupa Kereta Api langsung ditempatkan di stasiun Kereta Api dan Pelabuhan Indonesia (PELINDO) III Banyuwangi,” katanya.

Sodiq menambahkan PT. INKA akan bersinergitas dengan instansi terkait di Banyuwangi. (Tim BIDIK Nasional)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button