Connect with us

Bidik Nasional

Memasuki Tahapan Pemilu 2019, Polres Blora Gelar Rakor Mantap Brata Candi 2018

JATENG

Memasuki Tahapan Pemilu 2019, Polres Blora Gelar Rakor Mantap Brata Candi 2018

BLORA, JATENG, BN – Dinamika pesta demokrasi pemilu tahun 2019 sudah sangat terasa gaungnya bukan hanya di tingkat pusat, bahkan juga sampai ke wilayah seluruh Indonesia begitu juga di Kabupaten Blora.

Tahapan demi tahapan Pemilu Legislatif maupun Pemilihan Presiden dan wakil Presiden 2019 telah berjalan setelah pendaftaran Partai Politik peserta Pemilu dan dilanjutkan pendaftaran Calon Legislatif serta pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden tahapan berikutnya nanti adalah tahapan Kampanye.

Untuk itulah Polri sebagai aparat penjaga keamanan telah siap siaga untuk mengawal dan mengamankan tiap proses tahapan Pemilu 2019. Hari ini Rabu, (19/09/2018) pukul 09.30 seusai dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Candi 2018 dilaksanakan Rapat Lintas Sektoral Pengamanan Pemilu 2019 di Aula Arya Guna Mapolres Blora.

Rapat Lintas Sektoral dipimpin langsung Oleh Kapolres Blora AKBP Saptono,S.I.K.,M.H., dihadiri Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Rizadly Themba, Danyon 410/Alugoro Letkol Inf. Cristian Tarigan, Ketua KPU, Bawaslu dan Kesbangpol. Peserta Rakor Lintas sectoral dari Partai Politik, FKUB, para Kasatgas Operasi, Kapolsek jajaran Polres Blora, perwakilan anggota KPU, Bawaslu dan perwakilan Ormas se-Kabupaten Blora.

Sebelum dimulai, terlebih dulu menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya selanjutnya dibuka doa dengan bersama. Kemudian seluruh peserta membacakan Ikrar Netralitas Pemilu damai 2019 dipandu oeh perwakilan dari personil TNI, POLRI dan ASN. Inti dari ikrar netralitas tersebut bahwa TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara dan penyelenggara Pemilu 2019 di Kabupaten Blora bersikap Netral dalam pelaksanaan Pemilu nantinya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan rakor lintas sectoral oleh Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K,M.H. Dalam sambutannya di hadapan peserta rapat Kapolres mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi menjaga situasi agar tetap adem ayem, aman dan kondusif dalam pelaksanaan pesta demokrasi pemilu tahun 2019.

“Kita semua harus bersinergi baik dari Polri, TNI, KPU, Bawaslu, Partai Politik dan juga seluruh elemen masyarakat untuk menjaga situasi yang kondusif selama pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Blora. Pentingnya netralitas penyelenggara Pemilu, dan peran aktif MUI dan FKUB dalam mengantisipasi isu SARA merupakan langkah awal kelancaran selama tahapan Pemilu 2019 nanti.” ujarnya.

Lebih lanjut Kapolres menyebutkan bahwa seperti Pilkada Jateng 2018 lalu yang berjalan aman dan kondusif di wilayah Blora, itu semua adalah hasil dari kerja sama semua elemen masyarakat Blora.

“Polri sebagai aparat penjaga keamanan tentunya mengharap peran serta dari semua instansi dan juga seluruh elemen masyarakat dalam terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif. Kesuksesan penyelenggaraan Pilpres dan Pileg 2019 merupakan tanggung jawab kita bersama sehingga kita dapat mengulang terciptanya pemilu 2019 yang aman, damai, dan sejuk, seperti PIlkada Jateng lalu,” pungkasnya.

Selanjutnya Sambutan Dandim 0721 Letkol INF. Rizadly Themba, menjelaskan bahwa rapat Lintas sektoral ini adalah sarana awal persamaan visi dan misi dalam menciptakan situasi yang aman selama pelaksanaan Pemilu 2019.

“Kita sepakati bahwa rapat ini adalah tempat menyamakan persepsi dan menyamakan visi dan misi dalam pelaksanaan Pemilu yang aman dan kondusif, “ucap Dandim.

“TNI dalam hal ini Kodim 0721 siap membantu Polres Blora dengan bersinergi bersama instansi terkait untuk menciptakan Pemilu yang aman dan kondusif. “ tambahnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan dan penyampaian informasi dari Kepala Kesbangpol Kabupaten Blora dan kemudian paparan dari Kabag Ops Polres Blora. Memasuki acara berikutnya adalah paparan dari ketua KPU beserta Ketua Bawaslu Blora.

Kegiatan di akhiri dengan doa bersama untuk Pemilu Damai 2019. Polres Blora selalu mengedepankan sinergitas dalam pelaksanaan tugas demi pelayanan berkualitas pada masyarakat terutama dalam masa-masa Pemilu seperti ini.(P.Jo/ali)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JATENG

To Top