JATENG

Perjuangan Tiada Henti Demi Padamkan Api Lereng Merbabu

JATENG, BN – Pemadaman api akibat kebakaran hutan di kawasan Gunung Merbabu tepatnya di daerah Getasan Kabupaten Semarang sudah mulai membuahkan hasil. Perjuangan tak kenal lelah Tim gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Relawan dan masyarakat setempat dipimpin oleh Pasiops Dim 0714/Slt Kapten Inf Untung dan Danramil 03 Kapten Inf Hermanus tidak sia-sia.

Perjuangan pemadaman api yang dimulai sejak Rabu 17 Oktober 2018, dengan melakukan pemadaman dan penyekatan membuat api tidak melebar dan merembet kemana-mana. Walaupun dengan alat tradisional dan seadanya seperti sabit, parang, pacul pick dan obyok Tim terus berupaya untuk memadamkan api sambil menunggu bantuan helly MI8 dari BNPB untuk membantu pemadaman dengan water bomb khsusunya di wilayah yang sulit dijangkau.

Dandim 0714/Slt, Letkol Inf Prayoga Erawan menerangkan, pemadaman di fokuskan di tiga wilayah yaitu di Dusun Thekelan, Dusun Gedong dan Dusun Macanan. Lahan yang terbakar mencapai lebih kurang 300 Ha. Kesulitan yang dihadapi Tim di lapangan karena medan yang berat serta terbatasnya sarana dan prasarana pemadaman, namun demikian sampai saat ini api sudah mulai padam

Kodim 0714/Salatiga bersama dengan Polres, BPBD, Relawan dan masyarakat sekitar akan terus berjuang hingga api di lereng Merbabu benar-benar padam. Karena selain akan berdampak pada kerusakan lingkungan, akibat kebakaran ini juga berdampak pada kesehatan masyarakat sekitar khususnya penyakit ISPA. Semoga bantuan helly water bomb dari BPBD Provinsi dapat segera hadir untuk memadamkan api pada medan-medan yang sulit dijangjkau, pungkas Dandim.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Arh Zaenudin, S.H., M.Hum. melalui saluran teleponnya menerangkan, kebakaran hutan Merbabu yang berlokasi di wilayah Kabupaten Semarang ini menjadi bagian dari Kodim 0714/Salatiga. Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si. disetiap kesempatan juga telah menyampaikan bahwa TNI harus siap dan tanggap, TNI harus membantu semaksimal mungkin dalam mengatasi bencana yang terjadi di wilayahnya. Oleh karena itu Dandim 0714/Salatiga dan jajarannya siap untuk memadamkan api di lereng Merbabu hingga benar-benar padam. (AR/ Pendam IV)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button