SUMSEL

Jalan Lahat – Pagaralam Berangsur di Perbaiki.

LAHAT, SUMSEL, BN – Usai di terjang longsor dari atas bukit, membuat tanah amblas yang berada di Desa Jati, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat. Sebagian masyarakat di beberapa Desa dan Kecamatan mulai menggunakan jalan darurat yang di buat oleh masyarakat bersama pihak terkait, (3/2/2019).
Kondisi jalan yang amblas berada di Kecamatan Pulau Pinang, menghubungkan Kabupaten Lahat – Kota Pagaralam mulai d timbun menggunakan tanah, di bantu BPBD, Masyarakat, TNI, Polri bahu – membahu merampungkan kondisi jalan yang amblas dengan panjang 20 Meter dan kedalaman 30 Meter. Terpantau sejumlah alat berat telah bekerja memperbaiki jalan nasional tersebut.
Menurut Pelaksana Tugas (PLT) PU-PR Kabupaten Lahat Mirza dalam penjelasnya mengatakan, saat ini alat berat yang di datangkan dari balai besar sudah mulai berdatangan, dugaan sementara terjadinya amblas jalan tersebut kemungkinan kiriman air dari atas bukit, dan di bawah jalan tersebut ada aliran air yang kecil, sehingga tanah tersebut mengikis dari bawah dan akhirnya terjadi amblasnya tanah.
“Insyallah sudah kita sampaikan ke Balai Besar, mudah – mudahan dalam 1-2 hari semua alat berat sudah tiba dan siap digunakan. Kejadian ini sudah kami sampaikan kepada Gubernur Sumsel, alhamdulilah langsung di tindak lanjuti oleh beliu. Bupati Lahat pun telah meninjau lokasi, di arahkan untuk segera di perbaiki.
Mudah – mudahan dalam waktu 1 – 2 bulan kedepan jalan tersebut sudah dapat di lalu,”Ujar Mirza.
Sementara itu Kapolres Lahat AKBP Ferry Harharap menghimbau kepada masyarakat, terkhususnya pengguna jalan yang ingin berpergian ke Kota Pagaralam agar mencari jalur alternatif seperti lewat jalan Gumay Ulu, simpang Muara Siban kalau dari Lahat, nanti ada petugas dari Satlantas yang akan menjaga dan menggarahkan pengguna jalan untuk mencari jalur alternatif.
“Di hambau bagi pengguna jalan tetap hati – hati dan waspada, di karenakan jalan Gumay Ulu terdapat tikungan yang tajam dan jalan yang berlubang, sebaiknya mobil Bis Besar maupun kendaraan truk muatan banyak mencari jalan seperti arah ke Kabupaten Empat Lawang. Walaupun jarak yang cukup lama sekitar 4 jam dari Lahat, yang ingin ke Kota Pagaralam, melalu jalan Empat Lawang jalan tersebut cukup bagus,”Ungkap Kapolres di Sela – Sela Pertemuan Dengan Awak Media di Hotel Calista. (ADI)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button