Connect with us

Plt. Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunte ST MT Hadiri TPB/SDGS Di Aula Raja Inal Siregar

SUMUT

Plt. Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunte ST MT Hadiri TPB/SDGS Di Aula Raja Inal Siregar

MEDAN, SUMUT, BN – Plt Bupati labuhanbatu hadiri acara Forum Komunikasi Daerah Pembangunan Berkelanjutan atau disebut Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Pangeran di Ponegoro No.30 Medan.

Dapat disampaikan bahwa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) Tahun 2016- 2030 merupakan komitmen lanjutan dari Tujuan Pembangunan Milenium/Millenium Development Goals (MDGs) yang telah berakhir pada tahun 2015. TPB/SDGs bertujuan untuk mengakhiri kemiskinan dan kelaparan, melawan ketimpangan, memastikan perlindungan terhadap alam dan sumber daya yang terkandung didalamnya dan menciptakan kondisi untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan adil.

TPB/SDGs merupakan kerangka kerja pembangunan yang mengintegrasikan secara seimbang  dari tiga dimensi pembangunan berkelanjutan yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan. Kerangka hasil TPB/SDGs terformulasikan ke dalam 17 Goals, 169 Target/Sasaran dan 241 Indikator.

Untuk dapat mencapai tujuan pembangunan yang diharapkan tersebut, TPB/SDGs mensyaratkan adanya kerangka kebijakan pengintegrasian agenda TPB/SDGs ke dalam rencana pembangunan daerah dan kelembagaan pelaksanaan yang melibatkan semua pihak baik dari sektor pemerintah, legislatif dan organisasi masyarakat sipil, akademisi, pelaku usaha, filantropi, media, komunitas masyarakat dan pihak-pihak terkait lainnya.

Pemerintah telah menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap TPB/SDGs melalui Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yang turut mengamanahkan Pemerintah Daerah untuk bersama-sama mencapai  komitmen yang sama dalam mewujudkan agenda TPB/SDGs.

Diawali pada tahun 2019 ini, terlebih dahulu membangun pemahaman public akan pentingnya TPB/SDGs dan relevansi keterlibatan semua pihak dalam pelaksanaan dan pencapaiannya, Integrasi agenda TPB/SDGs ke dalam agenda pembangunan daerah, selanjutnya merealisasikan komitmen seluruh pemangku kepentingan melalui pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan kapasitas, peran dan sumber daya yang dimiliki dan terakhir melakukan Monitoring dan evaulasi perkembangan dan hasil berbasis data.

Pukul : 15.00 WIB, hadiri undangan Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung  (ITB) Daerah Sumatera Utara, acara Diskusi Kelompok Terarah atau Forum Group Discussion (FGD) dengan tema “Bersama Membangun Labuhanbatu” di Saka Hotel Premiere Jalan Gajah Mada No.49/40 Babura Medan Baru Kota Medan.

FGD antara IA-ITB dengan Pemkab Labuhanbatu ini adalah bertujuan untuk mendukung program-program Pemerintah Daerah di berbagai sektor yang ada serta sebagai wujud konstribusi dari Ikatan Alumni Institut Tehnologi Bandung (IA-ITB) Sumatera Utara dalam pembangunan dan pengembangan daerah di Propinsi Sumatera Utara, melalui acara Forum Group Discussion (FGD) membahas berbagai topik khusus atau penting yang ada di daerah khususnya di Propinsi Sumatera Utara dan khsusunya potensi daerah Kabupaten Labuhanbatu.

Tutur hadir mendampingi Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu, antara lain : Sekda Labuhanbatu, Asisten Ekonomi Pembangunan, Staf Ahli Bupati Bidang Ekbang, Kepala Bappeda, Kaban Litbang, Kadis PUPR, Kadis Perkim, Wakil Direktur RSUD Rantauprapat, Kadis Perindag, Perwakilan Kadis Pendidikan, Kadis Kominfo, Kadis Perhubungan dan Kabag Adm Protokol Setdakab Labuhanbatu serta Kabid pada Bappeda Kabupaten Labuhanbatu.

Dalam acara FGD ini juga selain Akademisi hadir juga Prof.Dr.Ir.Hj Darmayanti Lubis, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah R.I dan menyatakan mendukung sepenuhnya rencana dan program prioritas Pembangunan Kabupaten Labuhanbatu.

Usai, menandatangi Nota Kesepahaman (MoU) antara IA-ITB dengan Pemkab Labuhanbatu, Bapak Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu bersama Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu, melanjutkan tugas dinas, Tanggal 13 Pebruari 2019, berkoordinasi dan konsultasi tentang pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara  dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (MenPAN-RB) di Jakarta.

Melalui  kabag protokoler labuhanbatu Supardi sitohang SE membenarkan kehadiran Plt Bupati di acara tersebut” benar plt Bupati labuhanbatu hadir dalam acara yang di adakan di medan Aula Raja Inal siregar dan akan melanjutkan undangan berbagai acara di jakarta,Demikian diinformasikan dan terimakasih Humasy Pimpinan/Protokol” ucapnya melalui via seluler pada awak media. (M.SUKMA)

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in SUMUT

To Top