Connect with us

Wabub Gayo Lues Buka Seminar Nasional Dalam Pemanfaatan Hasil Hutan

ACEH

Wabub Gayo Lues Buka Seminar Nasional Dalam Pemanfaatan Hasil Hutan

GAYO LUES, ACEH, BN – Wakil Bupati Gayo Lues H.Said Sani membuka Seminar Nasional, Ekonomi Pedesaan dalam pemanfaatan potensi hasil hutan yang bukan kayu hutan dan fomiture, industri kecil dan menengah di Balai Musara Belangkejeren, Kamis (28/3/2019).

Dalam sambutannya Ketua panitia Muhammad Noh, S.Pd. MM mengatakan, seminar yang kita laksanakan pada saat ini merupakan seminar untuk meningkatkan usaha kecil menengah yang ada di Kabupaten Gayo Lues ini.

“Enerji sumber daya manusia yang ada di Kabupaten Gayo Lues sangat perlu di tingkatkan di kalangan masyrakat pengusaha kecil menengah atas. Serta hasil hutan yang bukan kayu hutan kedapnya bisa di manfaatkan dan di jual kusunya di daerah kita ini serta ke luar Daerah nantinya,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Gayo Lues melalui Dinas Perindustrian akan terus berkontribusi dalam meningkatkan usaha kecil di kalangan masyarakat, dan akan memberikan dukungan, dorongan terhadap pengrajin pengolahan Rotan, Bambu dan lain sebagainya, sambungnya.

Sementara itu Dirjen Kementerian Perindustrian melalui Kasubdit Industri Kayu dan Rotan, Mediarman memaparka. Dalam pengolahan dan permanfaatan Rota serta pengolahan ayaman Bambu sangat perlu di kembangkan di wiliyah tengah Aceh khususnya di Kabupaten Gayo Lues ini, ungkapnya.

Karena kami lihat iklim dan cuaca sangat cocok dalam pengolahan bahan tersebut, dan kami sangat yakin jika dilihat dari skil yang di miliki oleh masyarakat setempat yang ada di Kabupaten Gayo Lues ini sangat berpeluang besar dalam memgembangkan usaha industri tersebut, pungkasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Gayo Lues, H. Said Sani secara resmi membuka kegiatan seminar Nasional tentang ekonomi pedesaan dalam pemanfaatan potensi hasil hutan dan fotmiture, industri kecil menengah dan rapat Koordinasi pemerintah Pusat (Direktur Jenderal Industri Agro Kayu dan Rotan Kementerian RI).

“Dengan Tujuan agar pemerintah daerah Kabupaten Gayo Lues dalam pembangunan industri hasil hutan dan kayu dalam wilayah Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh bisa bermanfaat di kalangan masyrakat yang luas dan sehingga nantinya bisa di pasarkan ketingkat Nasinonal maupun Internasional,” Ujar Said Sani.

Dilain kesempatan Pemkab Kabupaten Gayo Lues melalui Dinas Prindustrian Kabupaten Gayo Lues mendapat MOU yang telah di tanda tangani oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi, Dinas Kehutanan, KPH Pronsi Aceh dan dari Kementrian Prindustrian Ri yang di saksikan langsung oleh Wabub Gayo Lues, Kadis Prindustrian Gayo Lues Rasidin Porang, serta peserta Seminar yang hadir.

Tanpak hadir dalam seminar tersebut, Wabub Gayo Lues, H.Said Sani, Kadis Perindustrian Galus Rasidin Porang, Kadis Lingkungan Hidup Galus Irwansyah Putra, Kadis Pertanian Galus Jakaria, Kadis Prindagkop Galus Juanda, Perwakilan dari Dinas Kehutanan dan KPH Aceh, Perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Aceh, Perwakilan dari Kementerian Prindustrian Ri, para Camat se Kabupaten Gayo Lues dan para Kepala Desa. (dir)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in ACEH

To Top
%d blogger menyukai ini: