Connect with us

Pemdes Purwodadi Kabupaten Banyuwangi Terapkan Edukasi 4S Dalam Pelayanan

26 views

JATIM

Pemdes Purwodadi Kabupaten Banyuwangi Terapkan Edukasi 4S Dalam Pelayanan

BANYUWANGI, JATIM, BN-Pemerintah Desa (Pemdes) Purwodadi Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan rasa puas dan menumbuhkan kepercayaan terhadap masyarakat karena mereka merasa dirinya dihargai atau diperhatikan dengan benar.

Kepala Desa Purwodadi Banyuwangi Suyanto mengatakan, pelayanan pemerintah desa biasanya berhubungan langsung dengan pelayanan yang dilakukan dalam upaya mewujudkan rasa puas kepada masyarakat. Menurutnya, pelayanan prima terhadap masyarakat merupakan strategi dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perangkat desa.

“Layanan yang dilakukan tidak hanya cukup dengan memberikan rasa puas dan perhatian terhadap masyarakat saja. Lebih dari itu maka bagaimana cara merespon keinginan masyarakat sehingga dapat memunculkan kesan positif dari mereka. Pelayanan yang baik harus didukung dengan sikap 4S yaitu, senyum, sapa, salam, santun. Yang tidak tidak kalah penting adalah kualitas sumber daya manusia yang handal, mempunyai visi yang jauh ke depan dan dapat mengembangkan strategi dan bisa memberikan pelayanan yang terbaik serta mempunyai prestasi unggulan,” jelas Suyanto.

Ia menambahkan, layanan lain perlu diupayakan terus menerus untuk meningkatkan kemampuan kerja menjadi staf pemerintah desa tentang pelayanan agar dapat menumbuhkan dedikasi dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat.

“Keberhasilan pelayanan sangat tergantung pada orang-orang yang terlibat di dalamnya. Sikap pelayanan (4S) diharapkan tertanam pada diri para perangkat desa. Selain itu, perangkat desa. Selain itu, setiap perangkat diharapkan mempunya rasa memiliki yang tinggi terhadap pemerintah desa dan kesan pertama dalam berhubungan dengan orang-orang yang terlibat dalam pemerintah desa tersebut,” kata Suyanto.

Ia mengharapkan, setiap perangkat desa bisa menjadi sosok yang profesional, mempunyai rasa kebanggaan terhadap pekerjaan, memiliki pengabdian yang besar terhadap pekerjaan serta dapat senantiasa menjaga martabat dan nama baik pemerintah desa.

Ia menambahkan, yang perlu diperhatikan aparatur pemerintah desa terkait bentuk-bentuk  pelayanan yaitu, mengucapkan salam pembuka pembicaraan, menanyakan apa saja keinginan masyarakat, mendengarkan dan memahami keinginan masyarakat. Selain itu, aparatur pemerintah desa juga dituntut untuk melayani masyarakat dengan cepat, tepat dan ramah serta menempatkan kepentingan masyarakat pada tertib antrian.

Sebagai informasi, Suyanto menjadi Kepala Desa Purwodadi, Gambaran, Banyuwangi selama 2 periode yaitu, pada 2007-2013 dan 2013-2019. Ia akan kembali mencalonkan diri pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) periode tahun 2019-2025 menghadapi 2 Calon kepala desa lainnya dalam Pilkades Gelombang II yang akan digelar serentak di 130 desa se-Kabupaten Banyuwangi.

“Selama saya menjabat Kades Purwodadi selalu menerapkan pelayanan 4S. Terciptanya proses tindakan ini merupakan tanggapan terhadap masyarakat yang terlayanidengan baik oleh aparatur pemerintah Desa Purwodadi. Bentuk-bentuk pelayanan yang diberikan oleh pemerintah desa telah sesuai peraturan yang berlaku yaitu, segera mencatat kebutuhan masyarakat, menegaskan kembali kebutuhan masyarakat, menyelesaikan transaksi pelayanan kebutuhan masyarakat dan mengucapkan terimakasih diiringi harapan masyarakat puas dengan pelayanan. Dan masyarakat Desa Purwodadi sudah tahu selama menjabat dua periode sampai 2019 saya telah berupaya dengan kemampuan yang saya miliki saat menjalankan amanah dari rakyat untuk rakyat Purwodadi,” pungkas Suyanto.    (Jojo BN)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JATIM

Advertisement




Trending

Advertisement Free counters!
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
To Top
%d blogger menyukai ini: