Connect with us

Meningkatkan Kinerja Pengelolaan PBB P2 Dengan Inovasi Pelayanan Bappenda Kabupaten Bogor

24 views

JABAR

Meningkatkan Kinerja Pengelolaan PBB P2 Dengan Inovasi Pelayanan Bappenda Kabupaten Bogor

BOGOR, JABAR, BN-Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BAPPENDA) Kabupaten Bogor terus meningkatkan kinerja pengelolaan PBB P2 dari berbagai macam aspek dan pendukungnya.Salah satunya adalah untuk meningkatkan Collection Ratio(CR) PBB P2 di Kabupaten Bogor. Collection Ratio (CR) adalah perbandingan jumlah SPPT yang berbayar dengan yang terdistribusikan.

Pada tahun 2018 tanggal 17 September 2018 CR yang diterima Kabupaten Bogor sebesar 44,78 % dengan persentase penerimaan meningkat di tahun 2019 tanggal 17 September 2019 sebesar 45,18 %. Meningkatnya CR tersebut karena makin tingginya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak. Pertanggal 17 September 2018 Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) tercatat sebanyak 1.824.929 lembar dengan realisasi Surat Tanda Terima Setoran (STTS) sebanyak 817.201 lembar dan mengalami penurunan menjadi 1.824.457lembar di tahun 2019 disebabkan karena semakin bertambahnya realisasi STTS sebanyak 824.288 lembar pertanggal 17 September 2019.

Hal yang masih menjadi kendala yakni masih ada data yang tidak valid disebabkan karena pelimpahan data dari pusat di tahun 2013. Upaya yang dilakukan dengan melakukan pendataan, updating data danyang tidak terbayar sebab objek pajak tidak ada tapi tidak muncul surat ketetapannya, ada juga objek pajak ada tapi surat ketetapan muncul dua atau tiga, atau wajib pajak tidak tinggal di dalam kota.

Untuk itu BAPPENDA fokus untuk melakukan pemeliharaan basis data, disamping melakukan inovasi dalam bentuk pelayanan mobil keliling untuk melayani PBB yang dilakukan setiap hari termasuk akhir pekan dan hari libur, serta melakukan operasi sisir yang dilakukan oleh 10 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pajak Daerah sebagai perwakilan yang tersebar di setiap kecamatan, juga dengan melibatkan unsur bantuan Petugas Lapangan Desa (PLD) dengan membuat posko di desa sehingga memudahkan wajib pajak dalam melakukan pembayaran PBB P2 di setiap wilayah yang sulit terjangkau, selain itu pihaknya juga bekerja sama dengan perbankan untuk memudahkan pelayanan pembayaran seperti di kantor Pos, layanan transfer melalui ATM dan Teller BJB / BRI.

Selain hal tersebut ada pula aplikasi e-PBB Kab. Bogor dengan web base berbasis android yang bisa diunduh melalui play store atau App Storeaplikasi tersebut memuat beberapa informasi yaitu, melihat alur pelayanan di PBB, mengetahui informasi nilai ketetapan pajak pada tahun berjalan dan tahun-tahun sebelumnya untuk masing-masing objek pajak dengan menginput Nilai Objek Pajak (NOP). Wajib pajak juga dapat mendaftarkan diri menjadi wajib pajak online melalui elektronik Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (e-SPPT). Keuntungan yang dapat dinikmati oleh wajib pajak apabila sudah terdaftar adalah dapat menerima SPPT secara elektronik melalui e-mail atau SMS.

Ucapan setinggi – tingginya disampaikan kepada warga Kabupaten Bogor yang sadar dalam membayar pajak, Lurah dan Camat yang sudah proaktif dalam mensosialisasikan kepada warganya sehingga tepat waktu dalam membayar PBB. Hasil dari pajak akan dinikmati oleh warga Kabupaten Bogor yang akan dirasakan melalui pembangunan yang merata dan segera terealisasi di wilayahnya. (daus )

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JABAR

To Top
%d blogger menyukai ini: