JABAR

Dinkes Kab Bogor Sosialisasi Kanker Payudara, Ade Yasin : Pasien Kanker Payudara dan Servik Harus Diberi Semangat

Bupati Bogor Ade Yasin (tengah)

BOGOR, JABAR, BN-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab Bogor beserta Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kab Bogor bekerjasama dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), menyelenggarakan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara dan TOT Periksa Payudara Sendiri (Sadari), yang berlangsung di Aula Dinkes Kab Bogor, pada Kamis (3/10).

Kegiatan ini bertujuan mengajak dan melatih peserta melakukan deteksi dini secara mandiri, terhadap gejala kanker payudara dan sekaligus bisa melatih orang sekitarnya di lingkungan untuk melakukan sadari.Hal tersebut dinilai penting disadari, karena mayoritas kanker payudara baru terdeteksi ketika sudah mencapai stadium lanjut, sehingga tidak mudah disembuhkan.

Linda Amalia Sari Gumelar, Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia mengatakan, dirinya memilih Kab Bogor menjadi titik kedua untuk sosialisasi Kanker Payudara yaitu, karena potensi perempuan di Bumi Tegar Beriman ini sangat banyak dan jaraknya tidak jauh.”.Tahun ini kita baru melaksanakan sosialisasi ke dua kalinya, pertama kita laksanakan di Kudus dan sekarang di Kabupaten Bogor,” kata Linda Gumelar.

Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia ini menjelaskan, dari data yang diterima YKPI di tahun 2018 dari RS Darmais, penyakit payudara mencapai 56%. Dan ini hampir semua orang menyepelekan gejala kanker ini.”.Maka dari itu, jangan menyepelekan penyakit kanker  payudara ini, memang tidak ada gejalanya yang signifikan, tapi alangkah baiknya diperiksa sejak dini,” ujar Linda Amalia Sari Gumelar.

Bupati Bogor Ade Yasin dalam kata sambutannya mengatakan, sosialisasi terkait kesehatan juga sebenarnya sudah ada di poin Pancakarsa yaitu Bogor Sehat. Maka dirinya juga perlu masukan dari YKPI tentang Kanker Payudara sejak dini ini harus digemborkan.

“Kami berterima kasih, kepada Yayasan Kanker Payudara Indonesia, yang telah bekerjasama dengan pemerintah Kab Bogor, dalam sosialisasi kanker payudara ini, saya berpesan, kepada masyarakat agar terus menyemangati para pengidap Kanker Payudara dan servik,” kata Ade Yasin. (eml).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button