LAMPUNG

Aula RSU Alimudin Umar Liwa Disiapkan Untuk Ruang Isolasi Pasien Covid 19

Bupati didampingi anggota DPRD, Kadis Kesehatan dan direktur RSUDAU saat meninjau calon ruang isolasi

LAMPUNG BARAT, BN-Berbagai upaya yang telah,sedang dan akan dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat (Lambar), melawan merebaknya Virus Corona atau Covid-19.

Semua langkah, terobosan dan kebijakan yang diambil semata- mata untuk mencegah dan melindungi masyarakat Lampung Barat dari merebaknya wabah virus Corona.

Setelah mengambil sejumlah tindakan mulai dari meliburkan sekolah, dan terus melakukan pemantauan terhadap warga yang habis bepergian keluar daerah, kini pemerintah akan menjadikan Aula Rumah Sakit Umum Daerah Alimudin Umar (RSUDAU) sebagai ruang isolasi.

Aula RSUDAU yang berada di Kecamatan Balik Bukit, sudah ditinjau langsung oleh Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus, dan terlihat dihadiri anggota DPRD dari PKS Nopiyadi, S.Ip,Kepala Dinas Kesehatan setempat, Paijo, SKM. MARS, Direktur RSUDAU, dr. Widyatmoko Kurniawan Sp.B, dan beberapa kepala OPD lainnya pada Selasa (24/3/2020).

Dalam kesempatan tersebut Parosil mengatakan, bahwa ruangan Aula itu dalam beberapa hari kedepan bakal dirombak menjadi ruang isolasi Covid-19, dalam rangka menyiapkan segala sesuatu kemungkinan terburuk di tengah merebaknya virus corona.

“Ini salah satu upaya kita dalam rangka pencegahan dan penanganan wabah Covid-19 di Kabupaten Lampung Barat. Mohon doanya kepada seluruh masyarakat agar upaya kita melawan corona ini selalu diberi kemudahan tanpa suatu halang-rintang yang berarti,” ungkap Parosil.

Sebagai daerah yang berada dalam zona Ring Of Fire dan Kabupaten tangguh bencana, lanjut Parosil, Lampung Barat harus siap menghadapi bencana dalam bentuk apapun.

“Bersama rakyat bahu membahu menyelesaikan problem bencana. Realokasi APBD untuk penanganan Covid-19 sedang berjalan dan semuanya akan diabdikan untuk menghadapi wabah Covid-19 di Kabupaten yang kita cintai ini,” tegas Parosil.

Selain mempersiapkan untuk ruang isolasi, Pemkab Lambar juga akan memperketat jalur utama keluar masuknya kendaraan dan masyarakat dari dan ke Lampung Barat.

“Untuk tindakan antisipasi masuknya wabah virus Corona ke Bumi Beguai Jejama Sai Betik kita akan terapkan penjagaan yang ketat di empat pintu utama yakni dari arah Bandar Lampung kita tempatkan pos penjagaan si vinusan Sumber Jaya, dari arah Tanggamus pos kita perbatasan Suoh dengan Tanggamus. Kemudian dari Sumatera Selatan kita akan pusatkan di Pekon Pagar Dewa Sukau serta di Pekon Kubu Perahu antisipasi dari Kabupaten Pesisir Barat, “terang Kasat POL PP Lambar, Haiza Rinsa, SH diruang kerjanya Selasa (24/3-2020).

Lebih lanjut Haiza menuturkan bahwa tim yang akan ditempatkan di setiap pos akan melibatkan dari unsur POL PP, Polres, Kodim,BPBD dan Dinas Kesehatan.

“Itu semua sebagai implementasi dari hasil rapat Forkopimda Lampung Barat,” pungkasnya.

Reporter
M.Taufik, Lampung Barat

Related Articles

Back to top button