JATIM

Vaksin Sinovac Sebanyak 5400 Dosis Tahap Pertama Sudah Tiba Di Banyuwangi

BANYUWANGI, JATIM, BN – Tepatnya Hari Selasa malam tanggal 26 Januari 2021untuk Vaksin Covid-19 jenis Sinovac dari Biofarma tiba di Kantor Dinas Kesehatan Banyuwangi. Tibanya vaksin tersebut di Kantor Dinas Kesehatan Banyuwangi di kawal ketat oleh Satuan Brimob dengan memakai kendaraan Patwal dan mobil Baracuda, selanjutnya dan mobil vaksin masuk diruangan dan ditutup dengan mobil Baracuda Satuan Brimob Polda Jawa Timur.

Sebanyak 5400 dosis vaksin kemudian diserahkan dan disimpan di gudang penyimpanan Dinas Kesehatan Banyuwangi. Vaksin diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr. Widji Lestariono.

“Hari ini kita dapat kiriman vaksin sebanyak 5400 vaksin ” jelas dokter Widji Lestariono akrab disapa dokter Rio pada awak Media. Selasa malam (26/01/2021).

Dokter Rio, menambahkan untuk vaksin akan menginap di gudang penyimpanan Dinas Kesehatan sebelum didistribusikan ke masing-masing fasilitas Kesehatan. Selanjutnya pihak Dinas Kesehatan Banyuwangi telah menjadwal pengambilan vaksin ke Daerah masing-masing.

“Ada (4) empat tahapan dari masing-masing fasilitas kesehatan (fakes) yang akan mengambil vaksin mulai besok Rabo. Mekanismenya, kita bagi (4) empat tahap ” tambahnya.

” Setiap pengambilan akan dikawal ketat oleh Petugas Keamanan dan setiap faskes nantinya juga akan berkoordinasi dengan Petugas Keamanan di masing-masing daerah, Polsek atau Koramil setempat. Seperti kedatangan vaksin ini dari luar Negeri juga dikawal ketat oleh Petugas Keamanan, begitu juga dari Surabaya hingga ke sini dan tadi juga dijaga ketat oleh Petugas Keamanan ” ungkapnya.

Jumlah vaksin, lanjut Rio, diakui masih kurang untuk kebutuhan rencana vaksinasi tahap awal bagi Tenaga Kesehatan. Namun, pihaknya menjelaskan bakal ada tambahan pada tahap berikutnya.

“Data awal jumlah Nakes (tenaga kesehatan) Banyuwangi sekitar 6080 -an orang Nakes. Memang ini belum mencukupi untuk semua Nakes, tapi dari Provinsi akan memenuhi itu sebelum 14 hari akan ada kedatangan lagi. Karena vaksinasi Sinovac ini diberikan untuk dua dosis. Yang datang hari ini dosis pertama,” pungkasnya.

Harapannya masyarakat tetap patuhi Protokol Kesehatan yaitu 3M memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak serta olahraga serta menjaga imunitas tubuh agar sehat. (dj/tim)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button