JATIMLAMONGAN

Jembatan Berusia 29 Tahun di Jalan Nasional Lamongan Ambles

Keterangan Gambar: Jembatan di Jalan Nasional Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, pada Selasa (29/03) ambles

Kinerja BBPJN VIII Tuban – Babat – Lamongan – Gresik Dipertanyakan

LAMONGAN, BIDIKNASIONAL.com – Peristiwa amblesnya jembatan di Jalan Nasional Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, pada Selasa (29/03) kurang lebih 1 meter, perkiraan panjang sekitar 12 meter terjadi sekira pukul 14.15 WIB.

Amblesnya jembatan penghubung Jalan Nasional Lamongan antara Babat-Surabaya, berdasarkan pantauan wartawan kantor berita BidikNasional dibangun tahun 1993, kisaran 29 tahun usianya.

Lokasi jemabatan tepatnya Barat Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan (RSML) di jalan Jaksa Agung Suprapto.

Kasat Lantas Polres Lamongan, AKP Aristianto, B.S S.H, SIK, MH., melalui Kanit Gakkum Iptu Anang Purwo Widodo,S.H., mengatakan yang saya tau dari keterangan saksi mata Sugiono dan Rozi Supeltas penjaga palang pintu dan pengatur jalan dijembatan Balun.

Kejadian 14.15 WIB, bermula dilihatnya ada truck gandeng warna merah saat truck melintas tiba tiba jembatan ambles.

Selain itu, Anang menjelaskan, dari kejadian yersebut, untung truck tersebut sudah lepas dari jembatan,” ungkap Anang.

Ditambahkan oleh Kanit Kamsel (Keamanan dan Keselamatan) IPDA Rangga Nurrizaldy.

Pihaknya membenarkan, bahwa telah terjadi jembatan ambles di Kabupaten Lamongan, dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Jalan nasional Lamongan Babat-Surabaya.

Berdasarkan kronologi telah dilaporkan untuk jembatan Ngaglik 1 Balun saat ini ambles,” ujar Kanit Kamsel Rangga. Selasa (29/03).

Langkah yang telah dilakukan oleh petugas Kepolisian Polres Lamongan adalah melakukan koordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII.

Selain itu petugas juga melaksanakan pengalihan arus, serta melaksanakan pengaturan Lalu lintas di lokasi sepanjang jalan Nasional dekat lokasi.

Meski demikian, kata Rangga, pihaknya juga melaksanakan koordinasi dengan Polres Gresik dan Polres Tuban untuk melaksanakan pengalihan arus di Pantura dan arah Mojokerto.

Untuk pengalihan arus kendaraan kecil dapat melewati jalan menuju Sugio, Kedungpring dan Babat. Selain itu juga pengalihan arus dari Babat, Jombang dan Surabaya.

Jalur alternatif yang disiapkan, dari arah Gresik diarahkan melalui Jl. Deandles Pantura mengarah ke Tuban dan Semarang.

Sedangkan, dari arah Tuban dialihkan ke Deandles arah ke Surabaya serta dari arah Bojonegoro dan Tuban dapat melewati Babat ke Selatan arah Jombang menuju Surabaya,” tutup Rangga.

Sementara, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Tuban – Babat – Lamongan – Gresik, I Ketut Payun Astapa, ST.,

Saat dikonformasi melalui sambungan WhatsApp, sampai berita ini ditayangkan pihaknya masih belum bisa memberikan keterangan berkaitan dengan kejadian amblesnya jembatan Ngaglik 1 Balun di Jalan Nasional Lamongan ini.

Penulis     : Bang IPUL

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button