BATAMRIAU

Kapolresta Barelang Kembali Ungkap Kasus TP Narkotika Jenis Shabu Jaringan Internasional Malaysia – Indonesia Seberat 31,552 Kg

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, SH, SIK, MH.,

BATAM, BIDIKNASIONAL.com – Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, SH, SIK, MH., di dampingi oleh Kasat Resnarkoba Kompol Lulik Febyantara, SIK, MH., Wakasat Resnarkoba AKP River Hutajulu, S.H, Kasi Humas Polresta Barelang AKP Tigor Sidabariba, SH, dan Kanit 2 Satresnarkoba Iptu Pandu Renata Surya, S.T.K. pimpin kegiatan Satresnarkoba Polresta Barelang gelar Konferensi Pers Ungkap Kasus TP Narkotika Jenis Shabu Jaringan Internasional Malaysia – Indonesia dengan total BB Shabu Seberat 31, 552 KG. bertempat di Lobby Mapolresta Barelang, Selasa (19/04/2022) sekira pukul 10.00 Wib.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, SH, SIK, MH mengatakan ini merupakan pengungkapan kedua selama saya menjabat sebagai Kapolresta Barelang dengan mengungkap kasus narkotika jenis sabu seberat 31,552 Kg.

“Dan Sebelumnya tanggal 14 februari 2022, kurang dari 2 bulan sekarang tanggal 19 April 2022 Satresnarkoba yang bergabung dengan Dir Polair Polda Kepri dalam satgas Merah Putih.” Ungkap Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, SH, SIK, MH.

Kejadian terjadi Pada Hari Sabtu tanggal 09 April 2022, sekira pukul 22.00 Wib di Perairan Laut Sekitar Pulau Telan Kec. Belakang Padang – Kota Batam dengan 1 Tersangka berinisial EH (40 Tahun).

Adapun itu dengan total keseluruhan berjumlah 30 Bungkus Narkotika Jenis Sabu yang dibungkus dengan plastik kemasan teh merk guanyinwang Seberat 31,552 Kg.

Berawal saat Tim merah putih mendapat informasi dari masyarakat akan terjadi penyeludupan narkortika dari Malaysia menuju tanjung Batu, Kab. Karimun. Tim langsung bergerak menuju Perairan Laut sekitar Pulau Telan Kec. Belakang Padang – Kota Batam untuk melakukan pengintaian dan Observasi, Tim melihat Kapal Speed Boat yang mencurigakan.

Kemudian sekira pukul 21.00 Wib Tim mendekati kapal tersebut dan didapati 1 orang laki – laki berada didalam kapal tersebut dan langsung dilakukan penangkapan, selanjutnya dilakukan pemeriksaan terhadap Kapal Speed Boat yang dibawa oleh pelaku dan di temukan Narkotika Jenis sabu yang disembunyikan pada tempat duduk yang menyatu dengan body speed Boat kemudian Tim membuka kursi menggunakan gerinda didapati barang terlarang yang berisikan 30 bungkus Narkotika jenis Sabu yang dibungkus dengan plastik kemasan merk Guanyingwang.

Pelaku di janjikan oleh MR. X (DPO) dengan upah Rp. 10.000.000, sebagai DP awal pelaku diberikan uang sebesar Rp. 3.000.000.” Ungkap Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, SH, SIK, MH.

Adapun Barang Bukti yang berhasil di amankan dan disita yaitu berupa 30 bungkus Narkotika jenis serbuk kristal Sabu yang dibungkus dengan plastik kemasan merk Guanyingwang dengan berat keseluruhan 31,552 Kg, 1 unit speed boat fiber dengan mesin tempel merk yamaha 30 PK, Uang sejumlah Rp. 2.900.000, 1 unit handphone merk redmi beserta kartu telkomsel dan 1 buah tas sandang warna hitam merk Rose Bags.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, SH, SIK, MH mengatakan Modus Pelaku menyembunyikan Narkotika jenis shabu di tempat duduk yang menyatu pada body speed Boat, Apabila Narkotika jenis shabu ini berhasil di edarkan dapat di Asumsikan 1gram dipakai oleh 10 orang.

“Dan sehingga Polresta Barelang telah berhasil menyelamatkan sebanyak 315.520 jiwa manusia, dan dinominalkan rupiah, maka ada sekitar Rp 47 Milyar dengan asumsi harga narkotika jenis Shabu di pasaran Rp 1,5 juta per gram.” ungkap Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, SH, SIK, MH.

“Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 114 Ayat (2) Jo Pasal 112 Ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (1) Uu Ri No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika Dengan ancaman hukuman pidana mati, Seumur Hidup, Atau Pidana Penjara Paling Singkat 5 Tahun Dan Paling Lama 20 Tahun”.”Ungkap Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, SH, SIK, MH.

“(Hany s).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button