JATIMMADIUN

DESA BAGI, KEC.MADIUN TERIMA P3TGAI

P3TGAI Dukung Program Kedaulatan Pangan Nasional, Upaya Meningkatkan Kemampuan Ekonomi serta Kesejahteraan Masyarakat khususnya petani di Desa Bagi

MADIUN, BIDIKNASIONAL.comProgram Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) adalah program padat karya tunai dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan dana APBN untuk mendukung salah satu agenda prioritas pembangunan nasional.

Merupakan program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani. Sedang pelaksanaan kegiatan pada jaringan irigasi tersier pada daerah kewenangan pemerintah pusat, provinsi, dan daerah kabupaten/kota atau jaringan irigasi desa.

Pada tahun anggaran 2022 ini Himpunan Petani Pengguna Air (HIPPA) Sumber Mulya Desa Bagi, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun mendapat program ini melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo selaku Leading sektor, anggaran yang diterima 195 juta yang dialokasikan untuk volume pekerjaan panjang 350 m tinggi 80 cm serta lebar 30 cm sedang tim pelaksana kegiatan adalah himpunan petani pengguna air (HIPPA) setempat. Serta dari pihak Satker Operasional dan Pemeliharaan Sumber Daya Air BBWS Bengawan Solo juga menyiapkan tenaga pendamping masyarakat (TPM), kata Sukarno selaku Ketua HIPPA.

Program P3TGAI selain untuk mendukung program kedaulatan pangan nasional, juga sebagai upaya meningkatkan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat khususnya petani. Selain itu juga memperkuat dan meningkatkan kemandirian masyarakat petani dalam pengelolaan jaringan irigasi, serta pemberdayaan himpunan petani pengguna air (HIPPA) maupun perkumpulan petani pemakai air (P3A) dalam kegiatan teknis perbaikan dan peningkatan jaringan air.

Laporan: Bas/Mdn

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button