01/10/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Wabup Ali Rahman Ikuti Upacara Hari Lahir Pancaila Secara Virtual

2 min read

WAY KANAN, BIDIKNASIONAL.com – Wakil Bupati Way Kanan mengikuti upacara peringatan hari lahirnya Pancasila yang jatuh pada 1 Juni tahun 2022 secara virtual di ruang Rapat Utama Pemda kabupaten Way Kanan, Rabu (01/06/2022).

Peringatan hari lahir Pancasila ini dihadiri jajaran Pemkab  way kanan  dihadiri langsung oleh Wakil Bupati way kanan Drs. Ali Rahman MT, Sekretaris Daerah (Sekda) Saipul,S.Sos.M.IP,Asisten, Staf Ahli Bupati Kepala Dinas PU, Kasad Pol PP, Instansi Pertikal, Dandim,Kapolres  dan perwakilan Kejaksaan Negeri (Kejari), Camat se- Way Kanan diruang kerja masing-masing.

Upacara peringatan hari lahir pancasila ini pun turut dihadiri dan disaksikan langsung oleh seluruh pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia secara virtual.

Bertindak selaku inspektur upacara, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo  menyatakan alasannya, mengapa pelaksanaan peringatan hari lahir Pancasila itu dipusatkan di Nusa tenggara Timur(NTT).

Presiden Joko Widodo menyatakan, karena di NTT merupakan tempat pertama kali Pancasila dirumuskan oleh Presiden pertama Indonesia Soekarno (Bung Karno) untuk mengingat dan mengenang sejarah panjang mengenai kemerdekaan RI.

“Di kota yang sangat bersejarah ini, Bung Karno proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan pancasila,” ungkap Presiden RI Joko Widodo melalui amanatnya.

Presiden RI Joko Widodo mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjunjung, membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara.

“Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, tetapi pancasila telah menjadi penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian,” ucapnya.

Selain itu, Presiden RI Joko Widodo mengajak dan berharap agar masyarakat Indonesia dapat mempertahankan dan memperjuangkan pancasila sebagai ideologi, dan undang-undang sebagai dasar Negara Indonesia,dan menjadi teladan dalam mengatulisasi nilai nilai pancasila  guna mewujudkan cita cita proklamasi kemerdekaan Indonesia. (*)

Laporan: Arye

Editor: Budi Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

by boodysank/bidiknasional.com/bidiknasional@yahoo.com | Newsphere by AF themes.