KALTENGMURUNG RAYA

Dewan Desak Pemdes Prioritaskan Pembangunan WC

Ketua F-PPP DPRD Murung Raya, Rabul Yakin

MURUNG RAYA, BIDIKNASIONAL.com – Pemerintah Desa di Kabupaten Murung Raya saat ini memang gencar-gencarnya membangun desa. Tetapi apalah gunanya kemajuan pembangunan lain pada suatu desa jika masyarakatnya masih buang air besar (BAB) atau berak secara sembarangan. 

“Sebab, percuma desa itu maju dari pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan dan lain-lain, tetapi masih BAB sembarangan. Oleh sebab itu, persoalan BAB ini mestinya menjadi program prioritas bagi pemerintahan desa,” Kata Ketua Fraksi PPP DPRD Murung Raya, Rabul Yakin, Senin 4 Juli 2022.

Bayangkan, Kata dia, dari 116 desa secara keseluruhannya di Kabupaten Murung Raya ini, baru beberapa desa yang dinyatakan bebas BAB sembarangan. Artinya, masih banyak desa-desa di Kabupaten Murung Raya ini yang BAB sembarangan ke jamban di sungai. 

“Maka dari itu, pemerintah desa harusnya memprioritas dengan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jamban atau WC atau toilet didarat, bukan di sungai. Baik dilakukan dianggaran reguller ataupun secara bertahap. Sebab, sungai adalah sumber penghidupan yang harus bersih dari pencemaran limbah kotoran,” jelasnya.

Politisi PPP ini berharap hal tersebut bisa menjadi masukan bagi pemerintahan desa yang ada di daerah ini, sehingga pola hidup bersih dan sehat (PHBS) ini dapat diterapkan dari masyaarkat desa. 

“Disamping itu, memang dengan adanya wc di darat akan mempermudah masyarkat ketika ingin BAB serta tidak membahayakan, tetapi jika BAB sembarangan seperti di sungai justru rentan bisa jatuh dari titian maupun tegelincir ketika hendak turun BAB dan lain-lain,” pungkasnya.

Laporan: Efendi

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button