KALTARATANJUNG SELOR

10 Program Prioritas TGUP2D Kaltara 

TANJUNG SELOR, BIDIKNASIONAL.com – Bertempat di ruang rapat Lantai 2  Kantor Gubernur Kalimantan Utara(Kaltara)  Jumat (29/7/2022) Kemarin.

Dihadapkan sejumlah media Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan Daerah (TGUP2D) Kaltara Bastian Lubis, memaparkan 10 program Strategis Provinsi Kalimantan Utara(Kaltara) yang segera diprioritaskan pencapaiannya.

Dalam acara itu turut hadir pula, Asisten Bidang Administrasi Umum Pollymart Sijabat, Kepala Biro Hukum Setdaprov Kaltara Muhammad Gozali,  Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik Persandian (DKISP) Kaltara Ilham Zain, anggota TGUPP Bidang Infrastruktur Kedaulatan Energi Yulius dan Arik Purwiyantono, anggota TGUPP Bidang Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah.

Dalam rangka percepatan pelaksanaan pembangunan dan memastikan, atau menerjemahkan serta mengawal visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara.

Agar tercapai dan masuk kedalam program unggulan, Bastian Lubis memprioritaskan program strategis pembangunan Kaltara tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalimantan Utara.

“Ada Sepuluh Rencana Proyek Strategis Provinsi Kalimantan Utara yang merupakan target dari TGUP2D saat ini. 

1 Pemberian Hibah Beasiswa Universitas Patria Artha Untuk Putra Putri Kaltara sebanyak 500 orang. Ini sudah berjalan dan sudah terealisasi.” Tandas Bastian.

Pemberian beasiswa itu dari semester 1 sampai semester 8 dan tidak menggunakan APBD dengan total Biaya senilai 16,87 miliar selama 5 tahun atau pertahun sebesar 4,21 miliar.

Sambung Bastian lagi,” saat ini yang mendaftar program beasiswa ini baru 150 orang dan ternyata Kabupaten Tana Tidung sampai saat ini tidak mengetahui informasi program ini, artinya informasi ini belum diketahui masyarakat luas, jadi jangan sampai terkesan ekslusif,” ujar Bastian.

Selanjutnya yang ke-2, Peningkatan Sumber Daya Manusia melalui penerapan Neuro Sains Terapan (NST). Tahun 2045 Indonesia mendapat bonus demografi.

“Kita memiliki 65% angkatan kerja produktif pada saat itu, untuk itu anak sekolah dasar SD dan sekolah menengah pertama SMP yang kita dorong, khususnya untuk wilayah Kalimantan Utara menjadi pemenang dalam persaingan dikancah internasional.” Ungkap Bastian.

Menurut Bastian, guna mencapai semua itu maka yang harus melaksanakan Neuro Sains Terapan (NST) untuk Pegawai Negeri Sipil. Tidak berkerja melihat dari segi fisiknya saja, padahal yang bermasalah ada pada  Neuro Sain Terapan(NST) atau di otak. 

Dengan NST  bisa menilai sampai seberapa  mempunyai kematangan berfikir. NST juga diharapkan dapat menjadi salah satu solusi meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) Di Kalimantan Utara.

“Indeks Pembangunan Manusia(IPM) Kaltara nomor 22 Di Indonesia sedangkan induknya Provinsi Kaltimantan Timur (Kaltim) nomor 3 Di Indonesia, jadi sebelum Kaltara pisah dengan Kaltim IPM kita sama, pada waktu Kaltara pisah menjadi nomor 24 dan sekarang baru nomor 22.”Kata Bastian.

Indeks pembangunan manusia (IPM) ini harus naik, kalau tidak, Dana Alokasi Umum (DAU) Kaltara akan rendah, artinya  mencari celah “fiskal, seperti Pendidikan, Kesehatan Ekonomi.

Yang ke-3, Rencana Pembangunan Incenerator Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), ini lagi diproses, hibah dari Kementrian Lingkungan Hidup dan cuma satu-satunya Di Indonesia, ini merupakan perjuangan dari TGUP2D bersama Dinas Lingkungan Hidup.

“Untuk Kalimantan belum ada alat pengolahan limbah,  dan limbah saat ini dikirim ke Surabaya, diperkirakan jika incenerator ini terbangun bisa menghasilkan sampai 50 milyar per/tahun. Ini harapan kita Tahun 2023 sudah bisa beroperasi dan, satu satunya terbesar Di Kalimantan.” Papar Bastian. Hal ini nantinya bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Selanjutnya ke-4, PT. Migas Kaltara Jaya (PT. MKJ), sedang dalam percepatan proses penawaran untuk Participacing Interest (PI) 10 %, dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Ada 3 hal yang dalam proses pembahasan Participacing Interest (PI) diantaranya Manhattan, Medco dan JOB Semenggaris. Jika terealisasi maka menghasilkan ratusan miliar.

Ke-5, Pembentukan Koperasi Pegawai, pembentukan koperasi ini dalam rangka menunjang kebutuhan pegawai untuk memenuhi kebutuhan pokok, kurang lebih  10 tahun berdirinya  Kaltara namun  belum memiliki koperasi pegawai.

Sehingga pegawai pinjam di bank atau rentenir. Dikatakannya ada 4.701 orang nantinya, diharapkan bisa menjadi anggota koperasi.

Demikian pula untuk Pembangunan Islamic Center atau Rencana Proyek Strategis Ke-6. Menurut pengalaman Bastian, pembangunan Islamic Center akan banyak yang berdonasi.

“Saya optimis dan pasti bisa, hanya saja masalah lokasi tanahnya dimana, menurut Bastian lokasinya cocok di pinggir sungai.

Selanjutnya yang ke-7, Pembangunan Kota Baru Mandiri (KBM). Keluarnya Instruksi Presiden (INPRES) nomor 9 Tahun 2018 Percepatan Pembangunan Kota Baru Mandiri Tanjung Selor, sekarang bisa kita lihat belum ada apa-apa disana (lokasi KBM).”Tegas Bastian.

Sedangkan menurutnya  Inpres tersebut akan berakhir 31 Oktober 2023, tinggal 17 bulan lagi, maka dari itu TGUP2D akan mendobrak agar KBM segera terealisasi.

Revitalisasi Kesultanan Bulungan juga termasuk  Rencana prioritas Proyek Strategis Ke-8 TGUP2D Kaltara saat ini.

“Besok Minggu (31/7) kami (TGUP2D)ke Kalimantan Timur mengunjungi Kerajaan Kutai Kartanegara untuk meninjau Corporate Social Responsibility (CSR) atau sumbangan terkait Revitalisasi Kesultanan Bulungan,” Jelas Bastian.

Dalam kesempatan yang sama, Gozali Kepala Biro Hukum Setdaprov Kaltara menyampaikan maksud dengan kunjungan Ke Kalimantan Timur itu dalam rangka silahturahmi Kesultanan Bulungan ke Kerajaan Kutai Kartanegara(Kukar). Karen Kesultanan Kerajaan Kukar itu pernah  sempat juga ke Bulungan beberapa waktu yang lalu.” Tambah Gozali.

Hari Senin (1/8) kita akan silahturahmi dengan Kesultanan kerajaan Kutai (Kukar) serta mempererat tali persaudaraan dan yang berkaitan dengan Revitalisasi Kesultanan Bulungan agar bisa menjadi bahan referensi kami juga,”Terang Gozali.

Selain itu menurut Gozali ada beberapa hal terkait peninggalan-peninggalan Kesultanan Bulungan yang berada di museum Kutai Kartanegara. pendapatnya. Kesultanan Bulungan ini sangat luar biasa, di Jakarta itu ada yang namanya jalan Bulungan, lalu disekitar Roxy Jakarta ada Jalan Tanjung Selor dan kemudian ada juga Rumah Sakit Tarakan. Artinya Kesultanan Bulungan sangat berpengaruh juga terhadap daerah-daerah yang ada terutama di pusat ibu kota Indonesia  (Jakarta).

Oleh karena itu TGUP2D beserta Kesultanan Bulungan berupaya  melaksanakan Revitalisasi Kesultanan Bulungan.

TGUP2D berharap agar hal Ini segera  terwujud, sehingga dapat menarik wisata dalam negeri hingga manca negara.

“Kesultanan Bulungan juga termasuk keputusan mentri Tahun 1999 sebagai (Cagar Budaya). Membangkitkan kembali Nilai-nilai sejarah Kalimantan Utara yang memiliki sebuah filosofi sejarah yang bisa diwariskan,” Harap Gozali.

Rencana Proyek Strategis prioritas  Ke-9, yakni Pembangunan 1000 sampai 3000 unit Perumahan ASN Di Kota Baru Mandiri (KBM), hal ini sudah dikumandangkan Gubernur pada saat ulang tahun ke 9 Provinsi Kaltara.

“Peraturan Pemerintah(PP)-nya ini diperuntukan (perumahan ASN) bagi Pegawai Negeri Sipil(PNS) bisa dihibahkan, makanya pembentukan koperasi pegawai untuk mengambil hibah tanah dari Kota Baru Mandiri (KBM) nanti dihibahkan ke pegawai negeri.

Hal ini diundangkan di Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Barang Milik Negara Dan Daerah.”Jelas Bastian.

Proyek Strategis Provinsi Kalimantan Utara Ke-10, Realisasi Investasi PT. Albassam di Provinsi Kalimantan Utara(Kaltara).

Ungkap Bastian. PT. Albassam ini sudah 3,5 tahun lalu ada, izinnya ada tetapi tidak diberi persetujuan oleh Bupati Bulungan.

Investasi pembebasan lahan PT Abassam selama 1 tahun dengan luas 2 ribu hektar sebesar 1,6 triliun. Investasi pembangunan kilang pelabuhan selama 6 tahun sebesar 1.650 triliun dengan menciptakan 7.500 jenis pekerjaan.

1.Albassam juga dapat menyerap tenaga kerja tahun pertama sebanyak 20 ribu orang, tahun kedua sebanyak 100 ribu orang dan tahun ketiga  7.50 ribu orang, bayangkan, tentu sudah tidak ada yang nganggur Kaltara.

Menurutnya, jika investasi 1650 triliun dan anggaran APBD Kaltara  2,4 triliun itu sama dengan 5.50 tahun kita tarik kedepan, sangat luar biasa dan signifikan

PT Albassam perusahaan Multi Nasional, jika Albassam masuk akan menjadi sejarah investasi terbesar di Indonesia, investasinya hampir separuh dari APBN.PT Albassam  juga memiliki sumur minyak yang terletak Di Bahrain dan memiliki super tongkang. 

“Informasinya Albassam mau diambil oleh daerah lain, kemungkinan Sulawesi Barat atau Kalimantan Timur, tetapi saya minta kepada PT Albassam jangan dulu pindah, nanti TGUP2D urus sampai ke Jakarta pusat.”Terang Bastian.

Dari 10 Rencana proyek Strategis yang di prioritaskan TGUPPD Kaltara, terutama soal Program Peningkatan Sumber Daya Manusia(SDM) harus kuat agar tak Hany jadi penonton.

Maka dari itu harap Bastian dengan  Beasiswa sebanyak 500 mahasiswa itu, dalam rangka mempersiapkan (SDM), yang merupakan tugas pokok yang harus di capai TGUP2D Kaltara saat ini.

Bastian juga berharap pada rekan media (wartawan) turut membantu pihaknya mengawal percepatan pembangunan provinsi Kaltara.

Karena tidak sedikit gangguan yang kesannya  mencemooh guna menghambat kinerja TGUPP Kaltara dalam tanda kutip bernuansa politis.

“Saya tidak berfikir politik, yang saya fikir bagaimana membangunkan Raksasa tidur ini, Masyarakat Kaltara maju , pintar dan berpenghasilan banyak(Cukup).” Harap Bastian.

Seperti diketahui, Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan Daerah TGUP2D Kaltara dibentuk dalam rangka percepatan pelaksanaan pembangunan dan peningkatan pelayanan public oleh Perangkat Daerah dengan fokus pada program prioritas yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalimantan Utara.***

Wartawan : Anton Kaltara

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button