ACEHGAYO LUES

Pengerjaan Proyek Pemasangan Septic Tank di Pasantren Renggio Diduga Asal Jadi, Diminta APH Usut Tuntas

Proyek Septic tank Pasantren Renggio yang berada di Desa Tungel Kecamatan Rikit Gaib Kabupaten Gayo Lues (foto: dir)

GAYO LUES, BIDIKNASIONAL.com – Pengerjaan Proyek Septic tank Pasantren Renggio yang berada di Desa Tungel Kecamatan Rikit Gaib Kabupaten Gayo Lues yang berasal dari Aspirasi Anggota DPRI-RI diduga asal jadi.

Informasi dihimpun Bidik Nasional, berasal dari berbagai pihak, termasuk sumber pengamat kontruksi yang enggan namanya di publikasikan, Sabtu (21/10/2022) mengatakan bahwa proyek pengerjaan Septic Tank itu yang bersumber dari Aspirasi Anggota DPR-RI, pekerjaannya terkesan asal-asalan. Dibuktikan cara pemasangan besinya tak sesuai spesifikasi.

Untuk itu kata sumber, kepada Aparat Penegak Hukum (APH) diminta mengusut tuntas pengerjaan Pemasangan Septic Tank tersebut, agar para rekanan tidak semena – mena melakukan pekerjaannya.

“Seperti pengerjaan Septic Thank pengerjaannya diduga asal jadi dan tidak seperti biasanya. Namun saat di cek ke lokasi Pasantren Rengio Desa Tungel ternyata besinya tidak sesuai dengan Spek dan kesannya pengerjaan hanya asal – asalan saja serta telah melanggar Permenkes RI No 3 Tahun 2014,” tegasnya.

Selain itu lanjutnya, standar dan persyaratan kesehatan bangunan jamban terdiri dari adanya tangki Septik Tank merupakan salah satu standar dan syarat kesehatan bangunan jamban itu terdiri dari Bangunan atas jamban harus berfungsi untuk melindungi pemakai dari gangguan cuaca dan gangguan lainya.

“Bangunan tengah jamban, terdapat dua bagian bangunan tengah jamban terdiri lubang tempat pembuangan kotoran (Tinja dan Urine) yang santer yang dilengkapi oleh kontruksi leher angsa. Pada kontruksi sederhana (Semi Saniter) lubang dapat dibuang tanpa kontruksi leher angsa, tetapi harus ditutup,” bebernya.

Ditambahkan, Untuk itu, sekali lagi diminta kepada Aparat Penegak Hukum (APH) agar segera mengusut tuntas pengerjaan proyek pengerjaan Septic Tank yang berada di Pasantren Renggio Desa Tungel tersebut, agar pekerjaan proyek itu betul – betul dikerjakan sesuai Spek dan betul – betul dikawal oleh APH dan elemen masyarakat, supaya pekerjaan terhindar dari praktek Kolusi,Korupsi dan Nepotisme (KKN).

Hingga berita ini dikirim ke meja redaksi para rekanan belum dapat di hubungi.

Laporan: dir

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button