JATIMMADIUN

Penuhi SOTK Pemerintahan Desa, Pemdes Pagotan Seleksi Pengisian Perangkat Desa

Pemdes Pagotan mengadakan seleksi pengisian perangkat desa, serentak di 15 Desa se-Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun (12/11/2022)// Foto: Bas

MADIUN, BIDIKNASIONAL.com – Dalam rangka untuk memenuhi Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) Pemerintahan Desa, Pemdes Pagotan mengadakan seleksi pengisian perangkat desa. Kegiatan dilakukan serentak di 15 Desa se-Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun.

Sabtu (12/11/2022), bertempat di Kantor Desa Pagotan, ujian tulis dilaksanakan. Diikuti 11 peserta untuk mengisi 1 jabatan yaitu kepala dusun 1.

Pada kesempatan itu Mohamad Nasrudin R, selaku ketua panitia menuturkan, pelaksanaan Ujian dilakukan oleh tim panitia tingkat desa bekerjasama dengan lembaga pendidikan setingkat SMP, dalam hal ini kami bekerjasama dengan SMPN 01 Geger Kabupaten Madiun, sebagai penyedia naskah dan pelaksana ujian.

Adapun materi yang diujikan meliputi pendidikan agama, bahasa indonesia, matematika serta pengetahuan pemerintahan dan kepemimpinan. Peserta yang mengikuti seleksi di Desa Pagotan ini kebanyakan mempunyai latar belakang pendidikan Sarjana (S1) bahkan ada yang Pasca Sarjana (S2).

Tepat pukul 12.00 wib, tahapan ujian tulis berakhir. Dilanjutkan dengan koreksi hasil ujian oleh panitia dan mendapatkan hasil 6 peserta memperoleh nilai diatas ambang batas minimal Passing grade 65, yang lolos ujian tulis ini berhak dan harus mengikuti tahapan berikutnya berupa ujian praktik, meliputi ujian komputer, pidato dan wawancara esok harinya.

Setelah ujian praktik dilaksanakan, hasil nilai yang diperoleh direkapitulasi dan diakumulasi dengan hasil ujian tulis ditambah nilai skor dari Ijazah pendidikan dan pengalaman pengabdian di desa setempat. Dan akhirnya nilai tertinggi diperoleh peserta bernama Anwar Kustianto dengan skor 74,11.

Dengan sudah terpilih dan terisinya posisi kepala dusun 1 ini, sesuai dengan susunan organisasi dan tata kerja (SOTK) pemerintah desa, Pemdes Pagotan sudah lengkap, apalagi yang diterima untuk menduduki Kasun 1 ini berlatar belakang pendidikan Pasca Sarjana (S2) akan sangat membantu jalannya pemerintahan desa menjadi lebih baik dan lancar, Tutur Bekti Ari Nugroho selaku Kepala Desa Pagotan, diakhir kegiatan. 

Laporan: Bas

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button