BANYUWANGIJATIM

Pemkab Banyuwangi Melalui Dinas Pertanian dan Pangan Launching Pabrik PT. Sirtanio Organik Indonesia

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi resmi melauncing pabrik PT. Sirtanio Organik Indonesia di Desa Kemiri, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu 26 November 2022 (Foto.dok: tim)

BANYUWANGI, BIDIKNASIONAL.com – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi resmi melauncing pabrik PT. Sirtanio Organik Indonesia di Desa Kemiri, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu 26 November 2022.

Plt.Kepala Dinas Muhammad Khoiri melalui Sekretaris Dinas I Komang Sudira Atmaja menyampaikan terimakasih kepada PT. Sirtanio Organik Indonesia yang sudah berkerja keras dengan para petani demi tercapainya tujuan yang diharapkan, ujarnya di banyuwangi usai meresmikan dibukanya pabrik PT. Sirtanio Organik Indonesia.

Disampaikan, Kadis tidak bisa hadir dan beliau menitipkan pesan untuk para petani agar terus maju dalam usaha pertanian. Bagi para pemuda milenial diharapkan cinta dan senang dibidang pertanian, karena hasil petani berupa beras yang bagus dapat meningkatkan pendapatan, kesejahteraan petani, karena petani hakekatnya adalah orang yang cinta tanah air, sedangkan Dinas Pertanian dan Pangan tetap mengutamakan kegiatan kelompok petani dan berharap para petani maju, mandiri dan modern,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, pendiri Sirtanio Organik Indonesia, H. Samanhudi menjelaskan, sejarah berdirinya PT. Sirtanio Organik Indonesia, didirikan sejak tahun 2011. Atas kegelisahan kami dalam melihat hasil jual panen petani padi yang semakin tidak menenetu di Banyuwangi, susah nya pupuk, benih yang semakin menurun produktifitasnya tidak ada lagi, anak muda yang mau menggeluti industri Pertanian membuat kami ingin menciptakan sistem Pertanian organik yang terintegrasi di Sirtanio Organik Indonesia,” ucapnya.

Diungkapkan, Sejak 10 tahun jatuh bangun di industri beras organik, untuk mensosialisasikan cara baru bertani dengan organik. Sirtanio kaki melaunching rumah produksi baru dengan kapasitas mencapai 250 ton per bulan. Jaminan ketersediaan beras merah organik, beras putih organik, beras hitam organik, beras coklat organik, tidak perlu dikwatirkan lagi. Saat ini Sirtanio sudah bermitra dengan lebih 2000 petani dan lebih dari 500 hektar lahan tersertifikasi organik di Banyuwangi dan sekitarnya ” jelasnya.

Lebih lanjut Samanhudi menyebutkan, untuk Sirtanio Organik Indonesia saat ini siap menjadi industri beras organik pertama di Jawa Timur yang memiliki kapasitas konstan dan terjamin setiap hari, dan peresmian pabrik baru Sirtanio yang berada di Desa Kemiri ini menjadi awal baru Sirtanio untuk bisa melebarkan sayapnya di market Indonesia, dan produk Sirtanio sudah menyebar di 27 Kota di Indonesia.

” Kami berharap semua kalangan bisa merubah gaya hidupnya, dan beralih dari beras konventional ke produk beras organik, ngak mahal kok cukup 1 kg perbulan dicampur beras putih, dan kita bisa menjaga kesehatan keluarga,” tandasnya.

Sementara itu, Plt. Gubernur Jawa Timur Emil Dardak melalui videi conference menyebutkan, Kami menjalankan tugas mewakili ibu Khofifah Gubernur Jawa Timur, beliau sedang ke luar negeri di Kairo, Mesir, Arab Saudi, dan kami mengucapkan selamat dan sukses atas diresmikan pabrik baru PT. Sirtanio Organik Indonesia di Desa Kemiri, Kecamatan Singojuruh, semoga dapat meningkatkan hasil untuk petani dan kesejateraan petani, kami mengapresiasi peresmian pabrik baru ini, dan kami tidak bisa hadir langsung, jelasnya.

Emil berharap, dalam waktu dekat dirinya akan menyaksikan langsung ke tempat pabrik PT. Organik Indonesia di Banyuwangi.

Selain acara peresmian pabrik baru PT. Sirtanio Organik Indonesia, kegiatan juga memberikan santunan anak yatim, potong tumpeng nasi kuning, dan pemotongan pita.

Acara dihadiri Forpimcam Singojuruh, para petani, pemuda-pemudi milenial dan tamu undangan.

Laporan: j0181/Tim

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button