LABUHANBATUSUMUT

Pencanangan Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan Bentuk Sinergitas Antara Lintas Sektor

Kegiatan pencanangan bhakti sosial kesatuan gerak PKK bangga kencana kesehatan Kabupaten Labuhanbatu tahun 2022 ( Foto.dok: M.Sukma)

LABUHANBATU, BIDIKNASIONAL.com –  Pelaksanaan Pencanangan Bhakti Sosial Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan merupakan bentuk sinergitas antara lintas sektor dan mitra dalam mewujudkan program bangga kencana kesehatan. Demikian di antaranya pidato tertulis Bupati Labuhanbatu pada acara pencanangan bhakti sosial kesatuan gerak PKK bangga kencana kesehatan Kabupaten Labuhanbatu tahun 2022 yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Labuhanbatu Drs. H.Sarimpunan Ritonga M.Pd diruang Data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu Jalan SM.Raja Kecamatan Rantau Selatan Rabu (30/11/2022).

Di samping mitra kerja dengan Ikatan bidan Indonesia dan TNI, maka gerakan PKK merupakan mitra strategis yang sampai ke akar rumput, sehingga diharapkan akan dapat menjangkau masyarakat hingga ke pelosok. Hal ini tentunya akan menjadi salah satu faktor penentu dalam keberhasilan peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Keberadaan PKK yang dimulai dari tingkat Kabupaten secara berjenjang hingga Kecamatan dan Desa/ Kelurahan akan menjadi kekuatan yang dapat mempengaruhi perubahan perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik.ujar Drs Sarimpunan.

Kepada tim penggerak PKK Drs.Sarimpunan berharap tidak bosan memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada keluarga dan masyarakat akan pentingnya program KB dan kesehatan terutama status gizi bayi dan balita untuk mencegah terjadinya kasus stunting.

Kepada OPD terkait Dinas Kesehatan, DPPKB serta Dinas Lingkungan hidup agar meningkatkan koordinasi sehingga derajat kesehatan masyarakat akan meningkat.

Lebih lanjut disampaikan Asisten I ini, dalam rangka mewujudkan masyarakat Labuhanbatu yang berkarakter maju dan sejahtera dibutuhkan upaya kita bersama yang dimulai dari kehidupan berkeluarga. Melalui 10 program pokok PKK yang diimplementasikan dalam program serta kegiatan pada lintas sektor terkait, “Saya yakin kita akan mampu mewujudkan keluarga yang berketahanan yang pada akhirnya akan melahirkan generasi yang berkarakter tangguh dan berakhlak”.

Di akhir pidatonya Drs Sarimpunan mengajak yang berhadir agar dapat meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, mari kita budayakan kembali semangat gotong royong untuk bersama-sama membolo Labuhanbatu tercinta.Pungkasnya.

Hadir diacara tersebut Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Utara Muhammad Irzal, SE,ME, menyebutkan ada beberapa poin untuk menjadi manusia yang sehat, sejahtera dan berkualitas, sesuai undang-undang nomor 10 tahun 2010 tentang kependudukan dan keluarga sejahtera keluarga berkualitas.

” Pertama adalah mandiri, yang kedua mempunyai wawasan ke depan, ketiga itu adalah berintegritas yang keempat adalah mempunyai jumlah anak ideal” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas BP2KB Labuhanbatu Hj.Mahrani ,S.K.M, menyampaikan tujuan pelaksanaan bakti sosial kesatuan gerak PKK bangga kencana kesehatan tahun 2022 piala untuk memperkuat komitmen dan dukungan lintas sektor terkait serta mitra kerja strategis dalam program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana atau disingkat dengan program bangga kencana kesehatan.

Dengan tema melalui momentum bakti sosial kesatuan gerak bangga bencana kesehatan kita tingkatkan pelayanan KB pasca persalinan dalam rangka mempercepat penurunan stunting di Kabupaten Labuhanbatu.

Persoalan pembangunan keluarga harus menjadi isu prioritas percepatan penurunan dan pencegahan stunting melalui peningkatan pelayanan KB pasca persalinan. Keberhasilan pembangunan kesehatan dapat dilihat dari berbagai indikator yang digunakan untuk memantau derajat kesehatan sekaligus sebagai evaluasi keberhasilan pelaksanaan program.

” Kami yakin target yang telah ditetapkan akan dapat tercapai dan tepat sasaran bila lintas sektor terkait dan mitra kerja strategis khususnya gerakan PKK dapat bersinergi dan berperan aktif” ujar Mahrani.

Adapun rangkaian kegiatan dalam bangga kencana kali ini yaitu pelayanan KB secara serentak dan fasilitas kesehatan di seluruh Kecamatan, sosialisasi sekaligus pelayanan Iva test sebagai upaya pencegahan kanker serviks pada perempuan bekerja sama dengan PKK dan Dinas Kesehatan, lomba penyuluhan KB pasca persalinan bagi kader dan lomba Iva test, Posyandu, pola hidup bersih dan sehat serta lingkungan bersih dan sehat yang dilaksanakan di Kampung KB. Tutup Mahrani.

Turut hadir dalam acara tersebut Para Pimpinan OPD, Dirut RSUD Rantauprapat,
Kasdim 0209/Lb Mayor Inf. Hendra Gunawan , para unsur Forkopimda Labuhanbatu, Ketua Persit, Kepala Dinas BP2KB Labuhanbatu Selatan, Kakankemenag, mewakili Ketua PKK Kabupaten Labuhanbatu dalam hal ini Bidang 4, Ketua Dharma Wanita, ketua PC IBI, Ketua Fapsedu, Ketua Kwarcab dan para tamu undangan.

Pada kegiatan itu, Dinas P2KB Labuhanbatu memberikan penghargaan kepada mitra kerja kodim 0209/LB atas apresiasi pada momentum bakti sosial manunggal TNI bangga kencana kesehatan tahun 2022. Selain itu juga memberikan secara simbolis KTP dan kartu identitas anak kepada warga Kampung KB Kecamatan Rantau Selatan.

Laporan: M.SUKMA

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button