ACEHGAYO LUES

Pemdes Tampeng Gayo Lues Gelar Musrenbang Desa

Pemerintahan Desa (Pemdes) Tampeng Kecamatan Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa bertempat di Masjid Tampeng setempat (Foto.dok: dir)

GAYO LUES, BIDIKNASIONAL.com – Untuk mendukung Program Desa, Pemerintahan Desa (Pemdes) Tampeng Kecamatan Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa bertempat di Masjid Tampeng setempat.

Kegiatan Musrenbang tersebut merupakan Agenda rutin tahunan sebagai Implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Des).

Dalam kesempatan tersebut,Pengulu Tampeng Samsudin ketika di Konfirmasi Bidik Nasional Sabtu (17/12/2022) Malam menyampaikan, tujuan diadakannya Musrenbang Desa ini adalah untuk mengusulkan serta menyetujui dan menyepakati Skala Prioritas Pembangunan yang diajukan oleh Masyarakat dan Pemerintahan Desa untuk Program Desa untuk tahun 2023 yang akan datang yang mana rencana Pembangunan tersebut dibiayai oleh Dana Desa (DD) baik dari Pusat, Provinsi maupun Kabupaten.

“Maksud dan tujuan dari Musrenbang Desa ini sendiri adalah,dilaksanakannya model perencanaan partsivasi di tingkat Desa yang melibatkan semua komponen masyarakat dan Pemerintahan Desa,tujuan yang di capai nantinya dengan di laksanakannya Musrenbang Desa ini,akan diajukan di tahun 2023 mendatang,” ujar Samsudin.

Pengulu Tampeng ini juga menegaskan, dalam Musrenbang ini nantinya, kami menyepakati Prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk di realisasikan dalam bentuk Program maupun kegiatan pada tahun Perencanaan/tahun yang akan datang. Dan menyepakati Tim Delegasi Desa (TDD) yang akan memaparkan masalah yang menjadi kewenangan Daerah yang berada di wilayah Desa pada Forum Musrenbang di tingkat Kecamatan nanti.

“Kami berharap dengan di adakanya Musrenbang Desa ini,agar ekonomi masyarakat Desa Tampeng bisa lebih Stabil dan membaik lagi kedepannya, sehingga nantinya warga masyarakat dapat merasakan hasil dari program – program Desa kedepannya, itulah harapan kami sebagai Penghulu Tampeng ini,” harap Samsudin.

Terpisah, Pendamping Kecamatan Kutapanjang Surya Hafni melaporkan, Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Nomor 8 Tahun 2022. Prioritas pembangunan Dana Desa Tahun 2023 mendatang,di arahkan untuk percepatan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) tujuan Pembangunan berkelanjutan masuk dalam program prioritas pembangunan Dana Desa tahun 2023 mendatang.

Seperti lanjutnya, pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa, pendirian pengembangan dan peningkatan kapasitas pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUM-Des)/BUM-Des bersama, pengembangan usaha ekonomi produktif yang di utamakan di kelola oleh BUM-Des/BUM-Des bersama.

Selain itu kata Surya Hafni, pengembangan Desa Wisata, peningkatan keterlibatan masyarakat secara menyeluruh dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, penanggulangan kemiskinan terutama kemiskinan ektrim dan BLT-DD untuk mendukung penghapusan kemiskinan ektrim.

“Untuk itu, untuk mendukung Program Desa kami usulkan hakekat dan tujuan pembangunan desa seperti, meningkatkan kualitas hidup manusia, meningkatkan pelayanan publik di desa, penanggulangan kemiskinan agar desa Tampeng tidak ada lagi masyarakatnya yang miskin,semoga dalam Musrenbang Desa ini bisa sukses,” Pungkas Surya Hafni.

Musrenbang Desa tersebut selain Pengulu Tampeng juga dihadiri oleh Camat yang diwakili oleh Kasi PMD, Babinsa Tampeng Serda Edi Witoko, Bhabinkamtibmas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat,Urang Tue, Tokoh Pemuda, Pendamping Kecamatan Surya Hafni, serta masyarakat Tampeng sehingga acara tersebut berjalan lancar, aman dan tertib.

Laporan: dir

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button