JATIMMADIUN

PJ BUPATI LAUNCHING GEDUNG BARU RSUD DOLOPO KABUPATEN MADIUN

Pj Bupati Ir. Tontro Pahlawanto dan Direktur RSUD dr. Purnomo Hadi saat peresmian gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dolopo Kabupaten Madiun (3/5)/ Foto: Bas BN.com

MADIUN, BIDIKNASIONAL.com – Rumah sakit adalah merupakan instansi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna, terdiri dari rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat, merujuk UU no. 44 tahun 2009.

Menurut WHO, Rumah Sakit adalah integral dari satu organisasi sosial dan kesehatan, dengan fungsi menyediakan pelayanan paripurna (komprehensif), penyembuhan penyakit (kuratif), dan pencegahan penyakit (preventif) kepada masyarakat. Selain itu Rumah Sakit juga merupakan pusat pelatihan dan penelitian bagi tenaga kesehatan.

Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Pj Bupati Ir. Tontro Pahlawanto meresmikan gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dolopo  untuk pelayanan rawat jalan dan pelayanan penunjang. 

Serangkaian acara peresmian dimulai pada hari Jum’at (3/5/2024). Diawali dengan khotmil Qur’an atau khataman Qur’an oleh 5 pesantren pada pukul 06.00 WIB selesai pukul 14.00 diteruskan acara ruwatan gedung oleh Ki Gutoyo Cermo Sudarmo sampai selesai. Pada malam harinya acara peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Pj. Bupati Ir. Tontro Pahlawanto dan Direktur RSUD dr. Purnomo Hadi, dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit oleh dalang Ki Cahyo Kuntadi,M.Sn dengan lakon “Bangun Candi Sapto Argo”.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Madiun Ir. Tontro Pahlawanto mengapresiasi berbagai perkembangan yang sudah dilakukan RSUD Dolopo Madiun. 

Menurutnya, sejumlah fasilitas baru yang sudah dibangun seperti ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruang ICCU, ruang Resepsionis, Gedung baru pelayanan rawat jalan, rawat inap dan pelayanan penunjang lainnya diharapkan turut meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

“Kami mengapresiasi seluruh perkembangan fasilitas ini dan perlu juga diimbangi dengan peningkatan kualitas SDM. Untuk itu  dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat  para karyawan harus selalu ramah mudah-mudahan ini nanti terus akan berkembang dengan sangat baik,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Dolopo Madiun, dr. Purnomo Hadi mengatakan, tujuan pembangunan gedung tersebut untuk mempercepat pelayanan seiring dengan peningkatan jumlah pasien rawat jalan di rumah sakit umum daerah kabupaten Madiun. Kedepannya, kita berkeinginan agar rumah sakit ini lebih baik lagi dengan peningkatan fasilitas dan SDM.  

“Maka, untuk mengurangi antrian pasien yang sangat banyak, diperlukan gedung yang representative, nyaman dan aman sehingga pasien yang antri merasa nyaman dalam mendapatkan pelayanan dari rumah sakit,” pungkasnya.

Laporan: Bas/Mdn

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button