BANJARJABAR

Diduga Buang Limbah Oli, PT Primajasa Adiguna Abaikan Teguran DLH Banjar

DLH Kota Banjar Ketika dikonfirmasi. (Foto: Asep Sujana BN.com)

KOTA BANJAR, BIDIKNASIONAL.com – Limbah tumpahan oli bekas di bengkel perusahan konstruksi PT.PRIMAYA ADIGUNA yang berlokasi di dusun Pangasinan,  desa Binangun, kecamatan Pataruman mencemari lingkungan dan lahan pesawahan sampai ke kelurahan Hegarsari dusun Tanjungsukur kecamatan Pataruman, kota Banjar.

Hasil konfirmasi bidiknasional.com dengan kepala dinas LH kota Banjar Eri Kusmara Wardhana.,ST.,M.,AP. di kantornya mengatakan, menindak lanjuti team LH survey ke lokasi pada tanggal 7 -5/2024 ke perusahan konstruksi selanjutnya akan mengirimkan surat teguran ke pihak perusahan tersebut.

Indra Wahyudi sebagai aktivis lingkungan hidup kota Banjar kroscek ke lapangan  pada tanggal 12-5/2024 dan menurutnya masih belum ada perbaikan , limbah dan Drum oli belum di buatkan tempat penyimpanan yang sesuai. Indikasinya pihak perusahaan mengabaikan teguran dari pihak dinas LH kota Banjar  Nomor : T/600.4.14.1/671/DLH/2024.

Salah seorang pegawai PT. PRIMAYASA ADIGUNA saat di temui di kantornya mengatakan,” jangan kalian berasumsi karena untuk membuktikannya tanah sawah dan airnya harus di uji lab baru bisa bicara karena itu bukti nyata,” kilahnya.

Ketika ditanya sama Indra Aktifis lingkungan hidup dan indra meminta ke pihak kantor perusahaan PT Primayasa adiguna untuk memperlihatkan surat teguran dari DLH, padahal di surat teguran LH jelas tempat untuk penyimpanan limbah oli masih sebelum ada perbaikan TPS, padahal kriteria khusus untuk penyimpanan limbah oli temasuk limbah B3 ini sudah dipaparkan oleh LH.

Sementara masyarakat setempat lingkungan RT 04 RW 08 bahkan RT nya sendiri mengatakan jelas – jelas perusahan konstruksi itu telah mencemari lingkungan apalagi ketika musim penghujan limbah yang di tampung di bak belakang bengkel sengaja di bypas.

Laporan: Asep Sujana

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button