JATIM

Revitalisasi FKKSM MM Surabaya

Rapat pleno 5 komisi terkait Revitalisasi FKKSM MM, bertempat di Hotel Singgasana Surabaya, Minggu (01/12/2019)

SURABAYA, JATIM, BN-Menggandeng Kelompok Swadaya Masyarakat Master Meter dalam satu wadah atau simpul kebersamaan pada Forum Komunikasi yang lebih dahulu terbentuk merupakan tujuan utama digelarnya acara Revitalisasi Forum Komunikasi Kelompok Swadaya Masyarakat Master Meter (FKKSM MM) Surabaya.

Seperti di ketahui Master Meter adalah program pelayanan sambungan air yang berbasis komunitas melalui satu meter induk oleh PDAM Surya Sembada Surabaya yang kemudian didistribusikan secara swadaya oleh KSM.PDAM Surabaya sendiri telah memberikan kado istimewa bagi seluruh masyarakat Surabaya diantaranya diskon besar-besaran bagi pemasang baru air PDAM, program kedua adalah pemasangan pipa tersier gratis, dan program ketiganya adalah pemasangan Master Meter gratis. hal ini diperuntukkan bagi warga dengan status tanah belum memenuhi legalitas yang disyaratkan.

Dalam penyelenggaran kali ini, FKKSM MM di dukung penuh oleh ISI (Investasi Sosial Indonesia) dan USAID (United States Agency Internatonal Development).

Agenda inti program revitalisasi adalah kembali menata Anggaran Dasar serta Anggaran Rumah Tangga (AD / ART) Forkom KSM MM, Menata program kerja kedepan, Visi Misi FKKSM MM, Rencana penggalian dana (Foundrising) dan pendanaan, Target penggalian dana internal maupun eksternal serta mengatur struktur kepengurusan yang telah ada agar lebih maksimal dan sempurna.

Sebagai pembuka, ISI & Usaid selaku partnertship dan pendamping utama FKKSM MM menghantarkan 70 wakil KSM yang hadir dari jumlah total 154 KSM MM di Surabaya ke dalam rapat komisi.

Murjito selaku Ketua Forkom KSM Master Meter periode tahun 2015 didampingi seluruh jajaran mengatakan, menjadi lebih maju ketika menjadi mitra strategis PDAM adalah target utama.

“Kemudian, kami berharap dalam wadah FKKSM MM Surabaya seluruh anggota KSM MM mendapatkan haknya selaku konsumen di PDAM Surabaya terkait hak dasar mendapatkan air bersih, pendampingan & advokasi, studi banding, pengelolaan, pengaturan, sistem administrasi dan banyak hal lagi yang berkaitan dengan air, ” jelas Murjito.

Ia menegaskan agenda pertemuan merupakan inisiasi silaturahmi yang di kemas dalam bentuk saling memberikan bantuan pemikiran, loyalitas, tenaga dan kebersaman guna memajukan FKKSM MM secara bersama-sama menganut sistem gotong royong dan rapat anggota yang paling utama.

“Semoga tidak hanya melalui air yang dapat kita lakukan menjadi manfaat, namun kedepannya Forkom juga berharap akan kerjasama seperti sanitasi, peka pada lingkungan hidup dan masih banyak lagi hal-hal yang akan kami kerjakan,” tuturnya.

Ketua FKKSM MM dan jajarannya

Setelah melakukan rapat komisi, agenda dilanjutkan dalam rapat pleno membahas hasil rapat 5 komisi sebelumnya untuk memutuskan AD/ART, Program kerja, visi & misi, foundraising & pendanaan, dan pencarian dana internal maupun eksternal dalam tubuh FKKSM MM.

Di penghujung acara, seluruh undangan yang hadir bersama tim sembilan andil merevitalisasi struktur kepengurusan FKKSM MM. Pos baru ditambahkan dalam porsi koordinator lapangan pada 5 titik lokasi (Surabaya Timur, Barat, Utara, Selatan dan Pusat). Tujuannya adalah lebih memudahkan, menampung, memetakan permasalahan yang ada.

Humas FKKSM MM Surabaya Budi Santoso meminta kepada seluruh wakil KSM yang hadir untuk kemudian diteruskan kepada seluruh KSM di Surabaya agar selalu berkoordinasi melalui FKKSM MM pusat ketika air di wilayahnya mengalami kendala atau masalah.

“Ketika saudara-saudara menemukan ihwal tersebut, mohon semuanya di koordinasikan terlebih dahuku melalui Forkom, setelahnya Forkom akan segera melaporkan permasalahan tersebut kepada PDAM,” himbaunya.

“Menjadi tanggung jawab bersama dan akan lebih elegan jika kita mengupayakan melalui jalur satu pintu. Jika sudah berkali-kali melapor ke PDAM tapi tetap dirasa air masih mengalami kendala, maka Forkom akan melakukan pengaduan melalui jalur media sosial, advokasi dan cara -cara khusus yang di pandang urgent,” pungkasnya.

Terpisah saat dihubungi wartawan terkait acara FKKSM MM, Humas PDAM Surya Sembada Surabaya Adi Nugroho menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya tentang kemajuan Komunikasi MM. PDAM Surya Sembada berkomitmen dalam mendukung program master meter guna melayani masyarakat yang belum mendapatkan layanan air bersih PDAM.

“Silahkan mengajukan permohonan resmi bagi warga Surabaya, khususnya jika tanah atau rumah yang ditempatinya belum memiliki legalitas. Master Meter sengaja diperuntukkan untuk hal tersebut,” ungkapnya.

Adi Nugroho menyampaikan terkait layanan PDAM Surabaya, masyarakat dapat melaporkan melalui Instagram, Facebook, WA dan Call Center resmi PDAM Surya Sembada. Aplikasi dapat diunduh gratis dalam Playstore yang berisi penyediaan fitur layanan mulai bacameter, tagihan rekening, info grafik statistik penggunaan air, informasi gangguan air, keluhan pelanggan dan layanan pasang baru PDAM. (boody)

Related Articles

Back to top button