JATIM

PIALA PRAPANCA BERHADIAH TOTAL RP 64 JUTA

Ketua PWI Jatim Akhmad Munir

SURABAYA, JATIM, BN  – Wartawan di Jatim yang memiliki karya jurnalistik tulis, foto, televisi dan radio diharapkan mengikuti lomba Piala Prapanca 2018 berhadiah total Rp 64 juta, yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jatim.

Ketua PWI Jatim Akhmad Munir mengatakan, pentingnya karya jurnalistik segera dikirim karena batas akhir pengumpulan karya peserta lomba Piala Prapanca tinggal seminggu lagi.

“Tanggal 28 Februari nanti atau hari Rabu merupakan batas akhir pengumpulan karya lomba,” ujarnya, di Surabaya, Kamis (22/2/2018), didampingi Sekretaris PWI Jatim Eko Pamuji.

Dengan waktu yang tinggal enam hari tersebut, Munir menilai cukup bagi wartawan untuk menyiapkan dan mengumpulkan karya jurnalistik terbaik di semua katagori, dan dikirimkan ke sekretariat panitia lomba Piala Prapanca.

“Naskah dan karya jurnalistik silahkan dikirim ke Sekretariat PWI Jatim, di Jalan Taman Apsari 15-17 Surabaya 60271,” terangnya.

Namun, Munir mengingatkan, karya tulis, foto, televisi dan radio yang dikirim, harus memenuhi persyaratan jurnalistik.

Yakni, obyeknya terjadi di wilayah Jatim maupun hasil liputan di daerah lain yang ada kaitannya dengan Jatim sepanjang tahun 2017.

Sementara syarat peserta, adalah wartawan yang bertugas di Jatim, baik anggota PWI Jatim atau yang belum menjadi anggota PWI. Lalu karya perorangan atau kelompok/tim dengan menuliskan nama anggota kelompok/tim pada surat pengantar.

Berbahasa Indonesia, sudah dimuat, ditayangkan atau disiarkan antara 1 Januari hingga 31 Desember 2017 di media massa berbadan hukum.

Untuk karya tulis, dikirim dalam bentuk kliping yang ditempel di atas kertas ukuran folio, disertai tiga fotokopi dengan mencantumkan nama penerbitan, hari/tanggal, halaman dan kode/nama penulis.

Lalu karya foto hitam-putih atau berwarna dengan ukuran sisi terpendek 18 cm atau 10 R, disertai fotokopi bukti pemuatan karya tersebut.

Sedangkan karya jurnalistik televisi katagori feature dengan durasi 5-15 menit, dikirimkan dalam bentuk VCD/DVD tiga keping dan naskahnya secara tertulis dengan pencantuman program, hari, tanggal dan jam penayangannya.

Dan karya jurnalistik radio katagori feature dengan durasi 5-15 menit, dikirimkan dalam bentuk CD 3 keping dan naskahnya secara tertulis serta mencantumkan, program, hari, tanggal dan jam penyiarannya.

“Tiap peserta boleh mengikutkan maksimal tiga karya di masing-masing katagori. Makanya buruan dikirim,” imbuh Munir, mengingatkan.

Kata Munir, lomba karya tulis, foto, televisi dan radio memperebutkan Piala Prapanca digelar dalam rangka Hari Pers Nasional 2018 dan memperingati HUT Ke-72 PWI.

Ketua Panitia HPN 2018 dan HUT Ke-72 PWI, Syaiful Anam menambahkan, sejak lomba Piala Prapanca 2019 dibuka 10 Januari lalu, sudah ada sekitar 50 karya dikirimkan wartawan di Jatim dan masuk ke meja panitia.

“Makanya, mumpung masih ada waktu dan kesempatan hingga 28 Februari, buruan karya jurnalistiknya dikirim,” ucapnya.

Menurut Anam, jika karya lolos dan menang, masing-masing pemenang di setiap katagori akan menerima trophy bergilir Piala Prapanca, piala tetap, piagam penghargaan, dan uang Rp10 juta.

Sedangkan untuk tiga karya tulis, karya foto, karya jurnalistik televisi dan karya jurnalistik radio yang masuk nominator, masing-masing menerima piagam penghargaan dan uang Rp 2 juta.

“Total hadiahnya mencapai Rp 64 juta,” kata Anam.

Dewan Penilai Piala Prapanca 2018, PWI Jatim menunjuk orang-orang yang kredibel dan profesional di bidangnya, terdiri dari wartawan senior, praktisi, dan akademisi, untuk menilai karya jurnalistik para peserta.

“Pengumuman para pemenang dan penerimaan hadiah dilaksanakan pada acara resepsi puncak peringatan HPN 2018 tingkat Jatim, di Gedung Negara Grahadi,” imbuhnya. (dji)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button