Connect with us

Gubernur Riau Buka Rapat Koordinasi Penghulu/Lurah Se Kabupaten Rokan Hilir

RIAU

Gubernur Riau Buka Rapat Koordinasi Penghulu/Lurah Se Kabupaten Rokan Hilir

Rokan Hilir, Bn – Gubernur Riau Drs.H.Syamsuar M.Si membuka secara langsung Rapat Koordinasi Penghulu/Lurah Se Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Senin (15/4/2019) di Gedung Pertemuan H.Misran Rais, Bagansiapiapi.

Kegiatan tersebut dihadiri Gubernur Riau dalam rangka kunjungan kerja di Kabupaten Rokan Hilir selama 2 hari, dimulai pada tanggal 14 – 15 April 2019.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Rohil H.Suyatno Amp, Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, Sekda Rohil Surya Arfan M.Si, Asisten Administrasi Pemerintahan Sekda Riau Ahmad Syarofi, Pimpinan Instansi Vertikal, Kepala OPD dan Camat se Rohil.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Riau juga membagikan 11 sertifikat tanah rumah ibadah di Rohil.

Gubernur Riau dalam sambutannya menyampaikan keinginan untuk mengembangkan sektor pertanian di Rohil, seperti padi.

Sektor ini dinilai dapat berkembang karena banyaknya masyarakat yang menanam padi.

Selanjutnya, Gubernur Riau mengatakan berkaitan dengan jalan lintas Dumai – Sinaboi itu sudah masuk ke dalam program pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan insyaallah akan segera dibangun secepatnya.

Kemudian kepada datuk penghulu yang hadir, Ia berhadap dana desa tidak hanya difokuskan untuk pembangunan infrastruktur saja, tetapi digunakan untuk pemberdayaan masyarakat desa seperti pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi desa adalah dengan membangun Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Dengan adanya Bumdes ini nanti, perekonomian di Desa akan meningkat,” ujarnya.

Salah satu Bumdes yang berkembang saat ini adalah Bumdes di Kabupaten Indragiri Hulu. Dimana Bumdes tersebut bisa memanfaatkan limbah sawit menjadi energi listrik, “kalau seperti ini kan bagus,” puji Gubernur Riau.

Kemudian Bupati Rohil Suyatno menyampaikan bahwa Kabupaten Rokan Hilir saat ini memiliki 18 Kecamatan, 173 Kepenghuluan, dan 25 Kelurahan. Kemudian jumlah masyarakat Rohil saat ini berjumlah 637 ribu jiwa.

Selanjutnya dari 18 Kecamatan tersebut, ada 3 Kecamatan yang belum mendapatkan kode wilayah, yakni Kecamatan Tanjung Medan, Balai Jaya, dan Kecamatan Bagan Sinembah.

Selain itu tambahnya, kita telah menjalin kesepakatan antara Pemprov Riau dan Pemkab Rohil. Dimana kesepakatan tersebut mengenai pembangunan jalan dan jembatan di Rohil.

“Jadi pembangunan jembatan di Rohil itu merupakan kewenangan Pemprov Riau, sedangkan pembangunan jalan kewenangan Pemkab Rohil,” ujarnya.

“Selanjutnya jalan lintas pesisir juga menjadi komitmen Pemprov Riau dan Pemkab Rohil kedepan,” ungkap Bupati.

Bupati juga berharap Pemprov Riau dapat membangun SMAN 1 Bangko yang sejak pertama dibangun sampai sekarang belum ada perubahan. Dan sekarang SMA sudah masuk ke dalam kewenangan Pemprov Riau.

“Kita mengusulkan ke Pemprov Riau untuk pembangunan 12 kelas SMAN 1 Bangko, dan alhamdulillah sudah ditanggapi,” ujar Bupati. (Rif)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in RIAU

To Top
%d blogger menyukai ini: