LAMPUNGPESISIR BARAT

DEWAN KESENIAN PESBAR GELAR PENTAS BUDAYA DAN LAUNCHING MARS PESISIR BARAT

PESISIR BARAT, BIDIKNASIONAL.com
Dr.Drs.Agus Istiqlal,SH.,MH dan Didampingi Ketua Umum Dewan Kesenian Kabupaten Pesisir Barat Septi Istiqlal menghadiri Pentas kebudayaan dewan kesenian kabupaten Pesisir Barat tahun 2022, bertempat di Plaza Labuhan Jukung Krui,Rabu 30-3-2022.

Hadir juga dalam acara itu Plt Sekda Kabupaten Pesisir Barat Ir. Jalaluddin, M.P Ketua 1 TP-PKK Pesisir Barat Yulnawati Zulqoini, 16 Sai Batin Marga Se-Kabupaten Pesisir Barat, Forkopimda Lambar-Pesibar, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrasi, Pejabat Pengawas dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Pesisir Barat, dan segenap Tamu Undangan yang hadir.

Dalam Laporan Ketua Umum Dewan Kesenian Pesisir Barat Septi Istiqlal mengatakan Kabupaten Pesisir Barat merupakan kabupaten termuda di Provinsi Lampung yang memiliki segudang potensi seni dan budaya. Keberagaman jenis seni budaya di dalam masyarakat menjadi sebuah kekayaan yang sangat membanggakan.

Dewan Kesenian Pesisir Barat merupakan wadah untuk membina dan melestarikan potensi seni budaya yang ada di daerah agar dapat terus lestari dan memasyarakat di Kabupaten Pesisir Barat,tandas Septi.

Masih lanjut Septi,dalam Pentas budaya yang digelar Dewan Kesenian Pesisir Barat, dilaksanakan kegiatan Pagelaran Kebudayaan yang berisi ragam seni budaya Pesisir Barat baik budaya lokal(Lampung) maupun seni budaya daerah lain yang ada di Pesisir Barat seni.

” Kegiatan pentas budaya kali ini mengusung tema “Pentas Kebudayaan Selaraskan Ragam Budaya, Satukan Cita-Cita Bangsa, Menjaga Bhineka di Bumi Para Saibatin dan Para Ulama” tambah Septi Istiqlal.

Menurutnya dengan digelarnya kegiatan ini diharapkan akan membangkitkan kembali semangat dalam pelestarian dan pengembangan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Pesisir Barat.

Peserta yang akan tampil dalam kegiatan itu terdiri dari berbagai macam Etnis baik Etnis Lokal Lampung maupun Etnis Luar Lampung dintaranya Etnis Lampung (Sai Batin Marga Way Napal), Etnis Jawa Paguyuban Rasa Sosial Jawa (PRASOJO), Enis Sunda (Rampak Sekar Paguyuban Pasundan), Etnis Minang (Sanggar Minang Serumpun), Etnis Batak (Persaudaraan Batak Kasih), Etnis Bali (Parisada Hindu Dharma Indonesia), Sanggar Seni Sai Betik SMAN 1 Pesisir Tengah, Sanggar Seni Alam Gemisikh SMPN 2 Krui, Sanggar Seni Teluk Stabas Kab. Pesisir Barat,lanjutnya.

Dalam kesempatan pentas budaya itu pihaknya menghadirkan Bazar Produk UMKM Pesisir Barat berjumlah 20 Kelompok UMKM.

Sementara Bupati Agus Istiqlal dalam sambutannya menyampaikan Kabupaten Pesisir Barat memiliki segudang potensi yang sangat menjanjikan. kekayaan alam yang berlimpah, serta daya tarik pariwisata yang menawan. keberadaan adat dan budaya yang beragam, ditambah dengan julukan “ negeri para sai batin dan para ulama”. Kesemuanya itu menjadikan Kabupaten Pesisir Barat syarat akan nilai-nilai kebudayaan. tentu hal ini adalah sebuah karunia bagi kabupaten pesisir barat yang hari ini masih berusia kurang lebih 8 tahun,terang Agus Istiqlal.

Pemkab berharap dengan adanya ajang pentas seni ini, dapat menjadi hiburan dan menarik perhatian wisatawan lokal, nasional, maupun internasional untuk melirik potensi pariwisata di kabupaten pesisir barat ini yang akan berdampak pada geliat perekonomian yang baik di Kabupaten Pesisir Barat yang kita cintai ini,” harap Bupati

Dalam acara tersebut juga diluncurkan Lauching Mars Pesisir Barat. (FIK)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button