BATANGJATENG

Dandim Dampingi Bupati Batang Berikan Santunan Keluarga Korban Kapal Tenggelam

BATANG, BIDIKNASIONAL.com – Dandim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman mendampingi Penjabat (Pj) Bupati Batang Dra. Lani Dwi Rejeki melihat secara langsung jenazah korban tenggelamnya kapal KMM Prima United Gt. 30 No. 346 / Fr milik Sdr. Gunawan yang tenggelam di perairan Karimunjawa di Kamar Mayat RSUD Kalisari Batang, Selasa (23/8/2022).

Kronologi kejadian awal, pada hari Minggu kemarin tanggal 21 Agustus 2022 sekitar pukul 07.00 Wib KMM Prima United berangkat dari pelabuhan Batang menuju ke perairan Karimun Jawa untuk melaut mencari ikan, setelah berlayar kurang lebih selama 2 Jam Nahkoda kapal sekaligus pemilik kapal Sdr. Gunawan dikarenakan ada keperluan keluarga yang mendadak, kapal putar haluan kembali ke pelabuhan Batang.

Setibanya di pelabuhan Batang Sdr. Gunawan turun kedarat dan tidak jadi ikut melaut, dan digantikan Sdr. Slamet Sutoyo yang merupakan salah satu ABK (anak buah kapal) nya untuk mengantikan sebagai Nahkoda kapal.

Senin kemarin tanggal 22 Agustus 2022 sekitar pukul 07.15 Wib Sdr. Gunawan (Pemilik kapal dan Nahkoda sebelumnya) mendapat informasi melalui Radio kapal dari Sdr. Rayono (Nahkoda KMN. Alam Rahayu) dan Sdr. Karso (Nahkoda Jati Unggul Jaya 2) bahwa KMN. Prima United tenggelam dihantam ombak pada saat operasi tawur jaring, sehingga kapal kondisinya miring dan tenggelam.

Data Kapal KMN. Prima United GT 30 No 346 Fr;

Nahkoda/Pemilik Gunawan, Alamat Desa Klidang lor Kec./ Kab. Batang.
Jumlah ABK: 16 Orang.

Jumlah ABK (anak buah kapal) yang terdaftar dalam SPB (Surat Persetujuan Berlayar) sebanyak 16 Orang. ABK yang tidak jadi melaut 4 Orang dan ABK susulan 2 Orang.

Korban meninggal ada 5 orang : Daroni, Waras Robi, Ahmad Muslih, Agus Prayitno dan Tauhid. Sedangkan 1 Orang belum di temukan atas nama Eka Yulianto.

8 orang yang selamat dengan identitas: Slamet Sutoyo, Slamet Wibowo, Muh.Iqba, Diki Samsul Prasetyo, Binti kodi, Quroji, Egar dan Roji.

Untuk KMN. Jati Unggul Jaya 2 berhasil menolong ABK sekitar 11 orang dengan kondisi 5 orang meninggal dunia dan 6 orang selamat, sedang KMN. Alam Rahayu berhasil menolong sebanyak 2 Orang kondisi Selamat dan 1 orang masih belum di temukan.

Adapun tempat kejadian di perairan Pulau Parang (Karimunjawa) dengan titik koordinat : 5° 29′ 00 ” LS – 110°09′ 00″ BT.

Saat ditemui diruang Kamar Jenazah RSUD Batang, PJ Bupati menyampaikan. ” Hari ini saya didampingi Forkopimda Kab. Batang mengunjungi secara langsung korban tenggelam KMN Prima United yang dihantam ombak di perairan pulau Parang Karimun Jawa. Dalam hal ini, Pemerintah Daerah akan memberikan bantuan kepara keluarga korban, semoga nantinya bantuan ini sedikit banyak dapat meringankan beban atas musibah yang sedang dialami,” ucap Lani.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah, Saya turut berduka cita atas kejadian tenggelamnya kapal KMM Prima United di perairan Karimun Jawa, semoga para korban yang meninggal diterima Allah dengan khusnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan mendapat ketabahan,”  pungkas Lani.

Laporan: Pen- 0736/Doni Kurniawan

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button