JATENGKENDAL

Genap 18 Tahun, DPD Sekar Perhutani KPH Kendal Lakukan Penanaman Pohon Disepanjang Bantaran Sungai Blorong

DPD Sekar Perhutani KPH Kendal lakukan penanaman pohon disepanjang bantaran sungai Blorong pada hari Rabu 11 Januari 2023 dalam rangka memperingati hari jadi DPD Sekar KPH Kendal yang ke 18 tahun (foto: Peni)

KENDAL, BIDIKNASIONAL.com – DPD Sekar Perhutani KPH Kendal lakukan penanaman pohon disepanjang bantaran sungai Blorong pada hari Rabu 11 Januari 2023 dalam rangka memperingati hari jadi DPD Sekar KPH Kendal yang ke 18 tahun.

Penanaman yang dilakukan secara simbolis tersebut dihadiri oleh, Administratur utama KPH Kendal, wakil Adm utama KPH Kendal, kepala seksi madya bidang PPB, bidang Binhut, bidang produksi dan pariwisata, bidang keuangan, umum dan IT, bidang K3, perhutanan sosial, Asper/KBKPH, KRPH wilayah BKPH Mangkang, KRPH wilayah BKPH Boja dan ketua SP2P DPC KPH Kendal.

Adapun yang ditanam adalah pohon Alpukat, Durian, Rambutan, Kelengkeng, agar bisa dimanfaat oleh masyarakat sekitar.

Widodo Budi Santoso, D Hut MM. Selaku ADM KPH Kendal menyampaikan bahwa adanya larangan penanaman bibit jagung di bantaran sungai, dengan demikian hutan kita bisa lestari.

Adapun pohon yang ditanam adalah Alpukat, Durian, Rambutan, Kelengkeng, ucapnya.

Masih diacara yang sama ketua DPD Sekar Perhutani KPH Kendal Sucipto menyampaikan, teman teman serikat dengan koperasi sudah menghasilkan jeruk lemon dan alpukat. Kami memilih bantaran sungai agar meminimalisir terjadinya erosi.

Kami memilih pohon Alpukat, Durian, Rambutan, Kelengkeng agar buahnya bisa bermanfaat masyarakat. Tentunya kami masih butuh bimbingan dari beberapa pihak termasuk Profesor Muhammad Na’iem. Fakultas Kehutanan UGM, jelasnya.

Profesor Muhammad Na’iem. Fakultas Kehutanan UGM menjelaskan bahwa kegiatan penanaman pohon ini adalah kegiatan yang tidak boleh ditinggalkan, selain itu kita tidak hanya menanam pohon tetapi kita juga harus mempersiapkan tanahnya, pemeliharaannya seperti apa. Untuk tanaman di Kendal sendiri spesifik jati tapi bisa diselingi tanaman porang, jahe dan sebagainya,” terangnya.

Laporan: Peni Kusumawati

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button