JATENGSURAKARTA

Tingkatkan Kemampuan Anggota, AJS dan Kominfo Sidoarjo Studi Banding ke Surakarta

Aliansi Jurnalis Sidoarjo (AJS) dan Kominfo Sidoarjo studi banding ke Surakarata Jawa Tengah (Foto: Ted/Yah)

SURAKARTA, BIDIKNASIONAL.com – Guna meningkatkan kemampuan dan pengetahuan seluruh anggotanya terutama strategi komunikasi antara pemerintah daerah dengan penggiat jurnalis di era digital ini, Aliansi Jurnalis Sidoarjo (AJS) dan Kominfo Sidoarjo studi banding ke Surakarata Jawa Tengah.

Nur Yahya selaku ketua AJS mengatakan, di era digital ini, tidak bisa dipungkiri adanya perubahan pola komunikasi antara Pemerintah Daerah dengan insan jurnalis. “Untuk meningkatkan keharmonisan hubungan antara AJS dengan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo khususnya dengan dinas terkait maka AJS melakukan kunjungan kerja atau studi banding ke Pemerintah Kota Surakarta,” Ucap yahya.

” Tujuan melakukan kunjungan kerja ke Kota Surakarta Solo ini untuk mengetahui lebih dalam bagaimana komunikasi dan kemitraan antara pemerintah dengan insan media di era digital ini, ” Kata Nur Yahya saat melakukan diskusi dengan Dinas Kominfo Kabupaten Sidoarjo dan Bagian Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan (Prokopim) Pemkot Surakarta di Monolog Hotel, Solo, Jumat (21/07). 

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo, Didik Tri Wahyudi menjelaskan Kominfo Kabupaten Sidoarjo membina kurang lebih 143 media yang terdiri dari 13 media cetak, 21 media TV dan Radio,  80 media online dan 29 media majalah dan tabloid. 

“Dengan melakukan kunjungan ini, kami ingin mendapatkan informasi bagaimana kebijakan Pemkot Surakarta dalam membina media,” ungkap Didik. 

Ditempatkan yang sama, Kasubag Komunikasi Pimpinan Bagian Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan Pemkot Surakarta, Nanang Dwi Artanto mengungkapkan di Protokol komunikasi dan Administrasi pimpinan membina 100 lebih media yang berwadah Lokawarta. Dimana dibidang Protokol komunikasi dan Administrasi pimpinan Pemkot Surakarta lebih memfokuskan pada pemberitaan seputar Walikota, wakil walikota dan Sekretaris Daerah. 

“Kami sangat menjaga komunikasi dengan teman-teman media yang kami wadahi di Lokawarta. Kami juga mengajak teman-teman media yang tergabung di Lokawarta untuk melakukan gathering setiap tahunnya,” Ucap Nanang. 

Selain itu, Nanang menjelaskan, yang terpenting adalah bagaimana mengetahui gaya kepimpinan kepala daerah sehingga bisa menjalin pola komunikasi yang tepat dengan insan media. Agar program pemerintah tetap bisa berjalan dengan baik dan hubungan kemitraan antara pemerintah daerah dengan media juga berjalan dengan harmonis.

Laporan: Ted/Yah

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button