JATIMKEDIRI

Antisipasi Musim Hujan, DLHKP Kota Kediri Pangkas Pohon Berpotensi Tumbang

Satuan tugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Kediri melaksanakan pemangkasan pohon dibahu jalan sepanjang jalan wachid hasyim Kelurahan Bandar lor (Foto: ND BN.com)

KEDIRI, BIDIKNASIONAL.com – Satuan tugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Kediri melaksanakan kegiatan pemangkasan pohon dibahu jalan sepanjang jalan wachid hasyim Kelurahan Bandar lor. Walau saat ini belum ada tanda tanda musim hujan tapi angin kencang berpotensi mengakibatkan pohon tumbang yang dapat membahayakan keselamatan umum terutama bagi para pengguna jalan raya.

Karena berpotensi dapat mengganggu keselamatan umum terutama pengguna jalan raya maka Dinas Lingkungan Hidup Kota Kediri berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan pemangkasan/penebangan pohon terutama pohon yang telah mati atau masih hidup namun kondisinya membahayakan bagi masyarakat dan pengguna jalan karena beberapa bagian batang bawahnya ada yang berlubang (growong) dalam waktu segera sebelum kejadian yang tidak diinginkan terjadi.

Plt. Kepala Dinas LHKP Kota Kediri Anang Kurniawan menerangkan, hal itu dilakukan jntuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang pada saat sekarang ini memang belum turun hujan tetapi angin kencang bisa menyebabkan pohon tumbang,terang Anang.

“Kami memang sudah melakukan pemangkasan, hingga penebangan pohon yang dianggap sudah membahayakan atau beresiko,” ujarnya pada Rabu (4/10/2023).

Anang menambahkan , antisipasi yang dilakukan yaitu mengidentifikasi pohon-pohon yang membahayakan kemudian dilakukan pemangkasan dan juga penebangan.

Jadi kalau sudah beresiko merusak, kita tindak lanjuti, namun sebelum itu kami dari DLHKP terus melakukan survei diapangan melihat kondisi apakah harus ditindaklanjuti dengan pemangkasan atau penabangan,” kata Anang.

Anang yang juga sebagai kepala dinas pendidikan kota Kediri menambahkan, bahwa pihaknya tidak serta merta melakukan penebangan pohon. Sebab, harus dicek terlebih dahulu.

“Harus dicek terlebih dahulu, itu karena kita mau daerah kita tetap asri dengan banyaknya pohon,” tandasnya.

Laporan: ND

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button