JATENGKENDAL

Kopi Jalen Asli Taman Rejo Sukorejo Kendal Anda Wajib Coba !!

Kopi Jalen Asli Taman Rejo Sukorejo Kendal (dok.foto: Ist)

KENDAL, BIDIKNASIONAL.com – Desa Taman Rejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, memiliki potensi UMKM yang tidak kaleng – kaleng. Dari kopi hasil bumi yang melimpah sehingga muncul ide untuk mengolah dan mengemas serta memasarkan.

Bermodal ilmu saat pelatihan, kopi di Desa Taman Rejo dibranding dengan nama ” KOPI JALEN ” kepanjangan (aja klalen). Dibuat dari biji kopi pilihan dengan cara memetik biji kopi yang sudah merah saja.

Kusnan adalah inisiator dari  produk kopi jalen, saat ditemui awak media dirumahnya mengatakan, “Saya memproduksi  sendiri kopi Jalen ini dengan menggunakan biji kopi pilihan yaitu, kita hanya memetik biji kopi sudah merah dipohon lalu saya rimbang dan kopi yang mengambang saya pisahkan, kami gunakan kopi yang tenggelam. Jadi kopi yang saya olah adalah biji kopi yang benar-benar pilihan, “ucap Kusnan, pada Rabu 13/3/2024.

“Kami juga memproduksi ada beberapa varian yaitu Arabica, Robusta dan Exelsa. Kemasan kami paling kecil 200 gram Robusta kami bandrol harga 30.000,- sedangkan Arabica dan Exelsa dibandrol Rp. 60.000,- per 200 gram. Untuk saat ini kami memproduksi 15 – 20 kilo dalam satu bulan,” paparnya.

Saat ini Kusnan baru bisa merekrut tenaga kerja dari keluarga belum bisa untuk merekrut tetangga sekitar, dikarenakan masih minimnya permintaan. “Kusnan masih menggunakan sistem marketing online dan ofline, kebanyakan mereka adalah penikmat kopi langsung bukan penjual,” ujarnya.

“Harapannya, Pemerintah Kabupaten Kendal dapat membantu UMKM Kopi Jalen yang ada di Desa Taman Rejo, agar produksi dan permintaannya meningkat sehingga saya dapat membeli kopi dari para petani Desa Taman Rejo, sehingga secara tidak langsung meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar,” harapnya.

Ditempat terpisah Mushon selaku Kepala Desa Taman Rejo juga menyampaikan, saya sangat mengapresiasi adanya ide dari Pak Kusnan yang memproduksi kopi dengan bahan baku kopi yang ada di desa kami. Dengan mengikuti pelatihan akhirnya desa kami bisa memproduksi kopi yang kualitasnya bisa dibanggakan,” ucapnya.

“Semoga dengan adanya UMKM kopi Jalen ini, bisa menyerap tenaga kerja, meningkatkan ekonomi, serta mensejahterakan para petani kopi yamg ada di Desa Taman Rejo,” pungkasnya. (ADV)

Laporan: Peni

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button