Press "Enter" to skip to content

Wujudkan Pemilu Damai, Polres Klaten Gelar Operasi Mantap Brata Candi 2018

KLATEN, JATENG, BN –  Kepolisian Resor Klaten menggelar apel pasukan Operasi Mantap Brata Candi 2018  di halaman Mapolres Klaten, Rabu (19/9).

Kegiatan yang digelar dalam rangka kesiapan pengamanan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019 tersebut dipimpin Kapolres Klaten AKBP Juli Agung Pramono.

Dalam kegiatan itu, sebanyak 1.753 personil gabungan disiapkan guna mengamankan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden di Kabupaten Klaten tahun 2019 mendatang.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekda Kabupaten Klaten, jajaran TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Linmas.

Kapolres Klaten AKBP Juli Agung Pramono mengatakan, personil gabungan ini akan menjalankan operasi selama 397 hari mulai 20 September 2018 hingga 31 Oktober 2019. Fokus utama pengamanan adalah berlangsungnya pemilihan legislatif dan pemilihan presiden. Pengamanan dilakukan mulai dari masa kampanye, penghitungan suara hingga saat pelantikan.

“Sasaran kami adalah tahapan pemilu seperti saat masa kampanye, masa tenang, pencoblosan, pemungutan suara, hitung suara hingga pelantikan. Siaga ini akan dilakukan kurang lebih selama satu tahun,” kata Kapolres AKBP Juli Agung.

Kapolres menambahkan, personil gabungan juga telah membentuk satgas khusus berupa patroli cyber yang menyasar sejumlah media sosial untuk menekan beredarnya berita hoax jelang pemilu. Selain dari pihak kepolisian, patroli cyber juga akan menggandeng pihak lainnya.

Terkait peta kerawanan, Kapolres Klaten menjelaskan hal itu dipredikasi akan terjadi pada saat kampanye dan penghitungan suara. Dengan adanya kesiapsiagaan personil maka kerawanan tersebut bisa dihindari. Hal itu bertujuan untuk mewujudkan pemilu yang damai tanpa ada perpecahan.

Setelah pelaksanaan apel gelar pasukan, dilaksanakan pembacaan ikrar komitmen netralitas pada Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 di wilayah Jawa Tengah. Ikrar dibacakan Kapolres Klaten yang kemudian diikuti oleh seluruh peserta apel yang hadir. (rkt)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.