JATIM

Ribuan Warga Sidoarjo Serbu Bursa Tenaga Kerja Gratis

SIDOARJO, JATIM, BN – Sedikitnya dua ribu pelamar atau peminat pencari kerja menyerbu acara Job Market Fair yang di gelar sehari di lapangan Tenis Indoor GOR Sidoarjo, Selasa, (16/10)

Bursa kerja terbuka gratis tersebut di buka Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH, M.Hum untuk di pekerjaan yang disediakan oleh 58 perusahaan.

Tercatat 2.500 orang telah mengambil formulir pendaftaran lowongan pekerjaan yang disediakan.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH, M.Hum dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berkomitmen menumbuhkembangkan pembangunan ketenagakerjaan di Sidoarjo. Hal tersebut tertuang dalam misi kedua pada RPJMD tahun 2016 sampai tahun 2021.

Ia katakan tingkat pengangguran di Kabupaten Sidoarjo tidak menentu. Naik turun. Namun tahun 2018 ini mengalami penurunan. Tahun 2015 lalu ada 68. 311 pengangguran dan tahun 2018 ini menurun menjadi 53.473 orang.

H. Saiful Ilah sampaikan penurunan pengangguran sebesar 15.836 orang tidaklah mudah. Dibutuhkan komitmen pemerintah daerah dan dunia usaha serta masyarakat.

Untuk itu ia berharap semua pihak mendukung komitmen tersebut. Hal tersebut penting agar kedepan tingkat pengangguran terus berkurang.

“Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pengusaha, lembaga penempatan tenaga kerja, lembaga pendidikan, lembaga pelatihan, asosiasi pengusaha, organisasi pekerja, maupun instansi terkait serta para pencari kerja dan semua yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan bursa kerja terbuka ini,” ucapnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Sidoarjo Arif Makin SH mengatakan Job Market Fair diselenggarakan untuk memberikan pelayanan kepada para pencari kerja dan perusahaan pencari tenaga kerja. Pencari kerja difasilitasi Pemkab Sidoarjo untuk bertemu langsung dengan perusahaan pencari kerja.

“Acara ini diikuti lebih kurang 58 perusahaan dengan lowongan kerja yang tersedia sebanyak lebih kurang 2.158 lowongan kerja,” ujarnya.

Ia katakan Job Market Fair atau bursa kerja terbuka tahun ini diselenggarakan dua kali. Pada Bulan Mei kemarin dan Bulan Oktober ini. Tahun ini lebih kurang 2.500 pencari kerja mengikuti Job Market Fair.

“Kegiatan bursa kerja terbuka ini untuk tahun 2018 dilaksanakan dua kali yaitu yang pertama pada bulan Mei tahun 2018 kemarin,” ucapnya.

Arif juga sampaikan pada Job Market Fair kali ini juga diselenggarakan Pelatihan Berbasis Kompetensi 112 JP (Mobile Training Unit) oleh UPT-PK (Pelatihan Kerja)/Balai latihan Kerja (BLK) Surabaya. Ada 140 orang peserta yang mengikuti pelatihan.

“Pelatihan Berbasis Kompetensi ini dibiayai oleh DPA Disnakertrans Propinsi Jawa Timur,” ujarnya. (yah)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button